Jum'at, 19/04/2024 05:36 WIB

Fadli Zon sebut Putusan MK Tak Rasional

Putusan MK yang menolak uji materi pasal 222 Undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang mengatur presidential threshold (PT) dinilai tidak rasional.

Fadli Zon

Jakarta - Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak uji materi pasal 222 Undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang mengatur presidential threshold (PT) dinilai tidak rasional.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyayangkan penolakan MK terhadap uji materi UU yang telah disahkan oleh paripurna DPR tersebut.

"Putusan MK ini tidak rasional," tegas Fadli sebelum rapat konsultasi pimpinan DPR dengan pemerintah terkait Pilkada Serentak 2018, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (11/1).

Seharusnya, kata Fadli, PT ditiadakan dalam pelaksanaan Pilpres 2019. Sebab, pelaksanaan Pilpres dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 digelar secara serentak.

"Apalagi threshold yang dipakai sudah pernah dipakai tahun 2014. Jadi sebenarnya, dari sisi rasional sulit diterima," kata Wakil Ketua DPR itu.

Meski demikian, wakil ketua DPR itu mengatakan pihaknya tetap menghormati putusan MK yang bersifat final dan mengikat itu. "Kalau kami di Gerindra ya siap dengan keputusan apa pun dan kami tidak kaget dengan formasi yang ada sekarang," terangnya.

KEYWORD :

Pilpres 2019 Pemilu Presiden Jokowi Fadli Zon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :