Jum'at, 26/04/2024 20:28 WIB

Indonesia Menari Bakal Digelar di Tiga Kota Besar Indonesia

Indonesia Menari ini diselenggarakan sejak tahun 2012, dan mulai secara rutin diadakan dari tahun ke tahun

Indonesia Menari 2017 menggandeng 7 Selebritis yang digelar serentak di tiga kota besar di Indonesia ( foto jurnas.com-Munadi)

Jakarta - Bakti Budaya Djarum Foundation akan kembali menggelar Indonesia Menari 2017. Tahun ini rencananya digelar di tiga kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Solo dan Bandung dengan serentak bersamaan pada 19 November 2017 pukul 13. 00 WIB.

Indonesia Menari ini diselenggarakan sejak tahun 2012, dan mulai secara rutin diadakan dari tahun ke tahun. Tahun ini dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang digarap oleh Rosmala Sari Dewi dari CIOFF Indonesia. Mereka akan menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi 4 menit yang diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo.

Juga menggabungkan lagu daerah dari Aceh (Bungong Jeumpa), Kalimantan Barat (Cik Cik Periuk), Jawa Barat (Cingcangkeling), Maluku (Rasa Sayange), Sulawesi Utara (Si Patokaan) dan Nusa Tenggara Timur (Gemu Fa Mi Re).

Dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area di Grand Indonesia Jakarta, The Park Mall Solo dan Mall 23 Paskal Bandung, acara ini juga akan diramaikan dengan kehadiran para pekerja seni yang turut menari bersama dalam kemeriahan Indonesia Menari 2017 di masing-masing kota. Aktor Fero Walandouw dan Marcell Darwin juga aktris Yuki Kato akan menari bersama ribuan peserta di Jakarta, Ayushita dan Rangga Moela akan tampil di Solo, dan Citra Kirana bersama Morgan Oey akan menari bersama para peserta Indonesia Menari 2017 di Bandung.

“Saya senang sekali bisa ikut terlibat dalam Indonesia Menari. Saya nggak nyangka aja. Meski basic saya bukan penari, tapi saya akan coba. Karena saya akan menari selama lima menit tanpa henti. Dulu saya pernah disekolahin nari jaipong sama kakek dan nenek saya. Setelah itu lama nggak pernah nari. Tapi dari acara ini yang menarik berlandasan lagu-lagu Indonesia,” kata Yuki Kato ditemui di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (6/11).

Tak seperti Yuki yang memang bukan background penari, Rangga merasa sangat senang terpilih menjadi salah satu penari di ajang Indonesia Menari. Pasalnya, ia sudah berpengalaman dalam dunia tari saat bergabung dengan boyband Smash. “Tentunya saya sangat senang dengan tawaran ini. Icon Indonesia Menari 2017 memang banyak mengajak orang menari," ujarnya.

"Tapi saya dan Morgan Oey kebetulan sudah punya basic menari, saya juga mantan dancer. Dulu kayak ngiringi Slank, ngiringi T2 buat nari terus di ajang seperti ini kayak seneng banget gitu. Dulu juga jadi juri di lomba dance di salah satu tv bisa dibilang ajang dance terbesar juga di Indonesia jadi memang rasanya miris banget bisa nari tarian modern tapi nggak bisa melestarikan budaya kita sendiri,” ujar Rangga.

"Kalau saya kan dapatnya di Solo, Solo jauh dari Jakarta dan Bandung,  sebelumnya juga ada event di Pekanbaru jadi lebih ke stamina sih yang dibutuhkan karena kan nari 4 menit tanpa henti itu capek. Mungkin buat orang gampang ah gitu-gitu aja tapi buat kita yang ngelakuin apalagi saya udah tahu gimna rasanya," tambahnya.

Sementara Marcel dan Ayusita merasa tertantang dengan terpilihnya menjadi aalah satu penari dalam tersebut. Pasalnya keduanya belum menjadi penari sebelumnya.

“Kalau saya nggak pernah nari, nggak tau juga nanti pas hari H- nya. Mudah-mudahan saya nggak dapat waktu yang lama seperti Rangga dan lainnya," imbuh Marcel Darwin.

“Memang saya sangat beda dengan di keluarga saya. Karena saya berdarah seniman dan saya nggak pernah jadi penari professional. Saya pernah diminta keluarga untuk belajar tari balet, tapi saya nangis terus. Indonesia Menari ini sebagai tantangan terbaru saya bisa ikut terlibat. Mudah-mudahan saya bisa lakukan ini untuk Indonesia,”ucap Ayushita. 

KEYWORD :

Indonesia Menari Kabar Artis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :