Selasa, 24/11/2020 22:35 WIB

Internasional

India Desak Myanmar Memanggil Etnis Rohingya di Bangladesh

India akan mendukung upaya apa pun agar kelompok etnis Rohingya di wilayah Myanmar mendapat pengakuan

Pengunsi Rohingya yang membawa orang tuanya meninggalkan Rakhine, Myanmar menuju Bangladesh pada 30 Agustus 2017 (Foto: AFP)

Bangladesh - Menteri luar negeri India, Sushma Swaraj  mendesak pemerintah Myanmar mengambil kembali etnis Rohingya untuk menyelesaikan salah satu krisis pengungsi terbesar di Asia dalam beberapa dasawarsa.

Pemerintah Bangladesh menyampaikan pesan ini dalam sebuah pertemuan dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, pada Minggu (22/10)

Hampir 600.000 Muslim Rohingya meninggalkan negara bagian Rakhine Myanmar dan tiba di Bangladesh sejak 25 Agustus untuk menghindari penganiayaan yang disebut Perserikatan Bangsa-Bangsa  pembersihan etnis.

Berita United dari kantor Bangladesh melaporkan, Swaraj mengatakan, "Myanmar harus mengambil kembali warganegara mereka. Ini adalah beban besar bagi Bangladesh. Berapa lama Bangladesh akan menanggungnya? Harus ada solusi permanen untuk krisis ini."

Sebelumnya pada Minggu, menteri luar negeri India dalam pertemuan dengan rekannya dari Bangladesh, A.H.Mahmood Ali mengatakan negaranya mengkhawatirkan kekerasan tersebut.

"Kami mendesak agar situasi ditangani dengan menahan diri, dengan mengingat kesejahteraan penduduk," katanya dalam sebuah pernyataan, dilansir Arab News, Minggu (22/10)

Swaraj juga mengatakan, India akan mendukung upaya apa pun agar kelompok etnis Rohingya di wilayah Myanmar mendapat pengakuan. Dalam pernyataan tersebut, ia juga mengatakan menciptakan peluang ekonomi di negara Rakhine yang bermasalah dapat membantu menyelesaikan situasi tersebut.

"Menurut pandangan kami, satu-satunya solusi jangka panjang untuk situasi di Negara Rakhine adalah pengembangan sosio-ekonomi dan infrastruktur cepat akan memberi dampak positif bagi semua masyarakat yang tinggal di negara bagian ini," katanya seperti dikutip dalam pernyataan tersebut.

Menteri Luar Negeri Bangladesh mendesak India untuk memainkan peran lebih besar dengan memberi tekanan di Myanmar untuk menemukan solusi damai bagi krisis Rohingya.

Pergeseran India menuju penyelesaian krisis Rohinga akan sangat berarti bagi kebijakan China untuk mendukung Myanmar, yang mengatakan etnis Rohingya adalah migran ilegal dari Bangladesh, bukan warganya.

TAGS : Myanmar Bangladesh Rohignya India




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :