Rabu, 21/10/2020 22:22 WIB

Fahri Gelorakan Keberanian Soekarno di Bengkulu

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membentangkan narasi tentang demokrasi dan semangat keberanian di Bengkulu.

Zlatan Ibrahimovic

Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membentangkan narasi tentang demokrasi dan semangat keberanian di Bengkulu. Dimana, keberanian presiden pertama Indonesia Soekarno diharapkan dapat membakar kembali semangat warga Bengkulu.

Fahri menyadarkan, warga Bengkulu pada sejarah keberanian Indonesia yang begitu tangguh. Menurutnya, bangsa Indonesia tidak bisa diam dan lemah menghapi segala bentuk penindasan seperti yang dialami warga Rohingya, di Myanmar.

"Republik ini tidak pernah bermuka santun ketika menjumpai penganiayaan atas kemanusiaan. Dan Sukarno yang mengajarkan kita," kata Fahri, saat kunjungan kerja di Bengkulu, Sabtu (16/9).

Fahri mengatakan, kunjungan kerja ke Bengkulu adalah sebagai "Napak Tilas Bung Karno". Fahri mengingatkan warga Bengkulu tentang ruh Soekarno yang seharusnya diwarisi, yakni tentang keberanian dan perlawanan atas dasar kebenaran dan kemanusiaan.

Sukarno, Presiden pertama RI, empat tahun diasingkan di Bengkulu, selepas dari Ende, NTT yang jadi endemi Malaria. Pikirnya bergelora seperti ombak lautan Hindia dari barat Bengkulu yang bergulung gulung. Romantika asmara dan romantisme perlawanan berkeliaran di Bengkulu," katanya.

Fahri menyuntikkan keberanian Soekarno secara khusus, karena Bengkulu seperti berhenti bergeliat dan semua jajaran, termasuk masyarakatnya, tertunduk dengan wajah ketakutan. Menurutnya, berbagai peristiwa yang terjadi belakangan di provinsi pesisir yang terkenal dengan Pantai Panjang ini memang membuat muram semua orang.

Diketahui, selain melakukan dialog dengan berbagai unsur pemuda serta menjadi narasumber seminar nasional bertajuk "Masa Depan Demokrasi Indonesia" di Aula Pemprov Bengkulu, larut malam di hari pertama Fahri mengeksplorasi rumah pengasingan Bung Karno.

Pada hari kedua, Fahri menjadi khotib dan imam di Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu. Dari podium khutbah, Fahri juga mentransfer konsepsi Islam tentang demokrasi dan menumbuhkan karakter kebaikan.

TAGS : Liga Inggris Manchester United Ibrahimovic




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :