Jum'at, 26/04/2024 16:06 WIB

Sampha Raih Mercury Prize Kalahkan Ed Sheeran

Kemenangan Sampha diperoleh dari hasil musyawarah paling lama yang pernah dilakukan juri Mercury sepanjang sejarah pagelaran penghargaan itu diadakan.

Sampha

Jakarta - Penyanyi dan penulis lagu asal  London selatan, Sampha Lahai Sisay membawa pulang gelar Mercury Prize, penghargaan bagi album terbaik dari Inggris dan Irlandia. Sampha mengalahkan Ed Sheeran dan Stormzy, kandidat terkuat peraih penghargaan tersebut serta sembilan penyanyi ngetop lainnya.

Penyanyi 28 tahun itu tak menyangka dirinya mampu mengalahkan bintang pop sekelas Ed Sheeran dalam memperebutkan penghargaan yang sudah berumur 25 tahun itu (pertama kali diadakan pada 1992, Red).

"Saya merasa seperti sedang bermimpi sedikit, ini luar biasa. Terima kasih kepada para hakim karena mengira album saya (Process, Red) cukup bagus untuk ini," ungkap Sampha.

Menurut salah satu juri, Lauren Laverne, kemenangan Sampha diperoleh dari hasil musyawarah paling lama yang pernah dilakukan juri Mercury sepanjang sejarah pagelaran penghargaan itu diadakan.  Ia dan juri lainnya memuji album Sampha yang dinilai penuh dengan kreativitas.

"Album Sampha berisi kreativitas yang unik, musikalitas, kedalaman dan begitu bergema secara emosional serta menyentuh hati," ujarnya dilansir Sky News.

 

KEYWORD :

Sampha Ed Sheeran Inggris Mercury Prize




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :