Jum'at, 26/04/2024 21:00 WIB

Kurangi Stress, Ini Manfaat Lainnya Rekreasi Alam

Berinteraksi dengan teknologi setiap harinya, tentunya akan membuat kepenatan dan rasa bosan melanda.

Kegiatan rekreasi alam

Menyukai kegiatan alam bebas? Salah satu kegiatan ini cukup dikenal dari anak-anak hingga dewasa. Berkemah. Kegiatan berkemah tak hanya mengandalkan fisik saja, tapi membutuhkan juga penalaran selain daya tahan psikologis.

Namun, berkemah juga sebagai sarana rekreasi yang dilakukan orang-orang untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman. Kegiatan ini selain menyenangkan juga dapat membuat jalinan kekeluargaan atau pertemanan semakin erat. Terkadang pegunungan atau pantai menjadi pilihan terbaik untuk berkemah.

Tapi tahukah Anda kalau berkemah tidak hanya bermanfaat untuk mengisi liburan, melainkan memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan hidup Anda? Berikut ini beberapa manfaat berkemah sebagaimana dilansir pada Life Hack sebagai berikut;

Menjauhkan Anda dari teknologi
Berinteraksi dengan teknologi setiap harinya, tentunya akan membuat kepenatan dan rasa bosan melanda. Namun dengan berkemah, Anda akan dapat menjauh sejenak dari teknologi, sehingga rasa penat dan bosan itu akan terobati dengan keindahan alam yang dapat dirasakan selama melakukan kegiatan tersebut.

Mengurangi stress
Stress dalam tingkat tinggi bisa memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan karena dapat menyebabkan banyak penyakit. Namun dengan berkemah, Anda bisa mengurangi hal tersebut dengan melakukan interaksi dengan alam, yang membuat pikiran menjadi tenang dan nyaman.

Menyehatkan paru-paru dan otak
Berkemah dapat membantu Anda memperoleh udara yang sejuk dan menyehatkan dari alam. Kesegaran itu merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk kesehatan paru-paru dan otak Anda. Dengan kandungan oksigen yang sehat dapat membantu melancarkan sistem pernafasan Anda, serta meningkatkan keterampilan motorik dan fungsi otak.

Meningkatkan asupan vitamin dan mineral
Ketika Anda berada di luar, tubuh akan segera menyerap sejumlah besar sinar matahari, yang mengandung banyak vitamin, khususnya vitamin D. Vitamin itu membantu tubuh Anda menyerap kalsium dan fosfor, serta mineral yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Anda akan merasakan energi bergelombang dalam diri Anda, dan suasana hati Anda akan membaik.

Dapat memakan lebih banyak makanan bergizi
Makanan yang diolah dengan tangan sendiri lebih bagus untuk sistem pencernaan Anda dibandingkan dengan makanan instan. Hal dikarenakan kebersihan dan kandungan gizi dari makanan itu akan lebih diperhatikan dan dipertimbangkan. Dan berkemah merupakan salah satu cara untuk melakukan itu.

Dan tentu saja berkemah tidak hanya mampu menghilangkan stress, melainkan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan Anda. Apakah Anda tertarik?

KEYWORD :

Kesehatan Rekreasi Alam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :