Jum'at, 26/04/2024 21:19 WIB

Inilah Alasan Mendikbud Moratorium UN

Mendikbud Muhadjir Effendy soal moratorium Ujian Nasional (UN) dinilai sebagai program utama nawacita pemerintahan Presiden Jokowi.

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Jakarta - Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy soal moratorium Ujian Nasional (UN) dinilai sebagai program utama nawacita pemerintahan Presiden Jokowi.

Muhadjir mengatakan, dari sembilan agenda prioritas, salah satunya mengevaluasi terhadap model penyeragaman dalam sistem pendidikan nasional. "Termasuk di dalamnya Ujian Nasional," kata Muhadjir, dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Jakarta, Kamis (1/12).

Selain karena program Nawacita, kata Muhadjir, juga karena ingin menerapkan kurikulum yang berimbang antara pendidikan dasar dan pelajaran umum.

"Dan pembentukan kurikulum yang menjaga keseimbangan aspek muatan lokal (daerah) dan aspek nasional dalam rangka membangun pemahaman yang hakiki terhadap ke- Bhineka-an yang Tunggal Ika," terangnya.

Selain itu, Muhadjir menuturkan, penangguhan UN juga berlandaskan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 2596 K/PDT/2008 tanggal 14 September 2009.

"Memerintahkan kepada para tergugat untuk meningkatkan kualitas guru, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, akses informasi yang lengkap di seluruh daerah di Indonesia, sebelum mengeluarkan kebijakan pelaksanaan ujian nasional lebih lanjut," tandasnya.

KEYWORD :

Moratorium UN Pendidikan Mendikbud Komisi X DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :