Kamis, 02/05/2024 21:37 WIB

Jelajah Buku Nusantara, Kolaborasi SiCepat Ekspres dan Taman Baca Inovator

Mendonasikan 1.650 buku bacaan untuk anak-anak kurang mampu

Anak-anak Indonesia mendapat bantuan dalam program Jelajah Buku Nusantara

Jakarta, Jurnas.com - Perusahaan ekspedisi SiCepat Ekspres membangun kolaborasi dengan Yayasan Taman Baca Inovator (TBI) menjalankan program Jelajah Buku Nusantara.

Program kolaboratif ini bertujuan untuk ikut menjalankan misi mencerdaskan bangsa, dengan membangun budaya membaca di kalangan masyarakat.

Dalam program Jelajah Buku Nusantara itu, SiCepat Ekspres akan memberi fasilitas pengiriman buku bacaan secara gratis ke beberapa taman baca milik TBI yang tersebar di wilayah Kalimantan, NTT, NTB, hingga Papua pada periode Juni hingga Agustus 2021. 

Selain mendukung pengiriman gratis, SiCepat juga mendonasikan 1.650 buku bacaan untuk anak-anak kurang mampu bernilai hingga Rp50 juta. Buku bacaan didistribusikan kepada 45 taman baca yang dinaungi oleh Yayasan TBI di seluruh Indonesia.

"Pendidikan adalah hak bagi setiap orang, terlebih anak-anak. Sebagai calon penerus bangsa, anak-anak tentu harus dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang salah satunya bisa didapatkan melalui membaca buku," kata Chief Executive Officer SiCepat Ekspres,The Kim Hai, Rabu (25/8/2021).

Melalui program Jelajah Buku Nusantara ini, lanjut Kim, SiCepat berharap dapat membantu anak bangsa dalam mengakses ilmu pengetahuan dengan lebih mudah.

"Hal ini juga semoga dapat menjadi kontribusi positif dalam meningkatkan literasi masyarakat Indonesia," tandas Kim.

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menduduki posisi ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada dalam 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Data ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sangat memerlukan dukungan untuk dapat mengakses pendidikan dengan lebih mudah.

“Kami sangat berterimakasih kepada SiCepat Ekspres atas sambutan baiknya untuk berkolaborasi dalam program Jelajah Buku Nusantara ini," ujar Sarah Hutauruk, Founder & Ketua Yayasan Taman Baca Inovator (TBI).

Ia menegaskan, tujuan terbesar Yayasan TBI adalah mewujudkan pendidikan yang layak bagi Anak Indonesia, dengan kemudahan akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Melalui program ini, Sarah berharap anak Indonesia mendapat kemudahan akses ilmu pengetahuan, sekaligus dapat membantu anak-anak kurang beruntung dalam menumbuhkan reading habit, dan membuka mata mereka untuk melihat dunia yang lebih luas.

Selain bekerjasama dengan Taman Baca Inovator, sebelumnya SiCepat Ekspres juga telah melakukan kegiatan CSR dalam bidang pendidikan dengan mendukung pembangunan gedung Sekolah Dasar di Wikicorongo, NTT pada tahun 2020. Hal ini sebagai dukungan kepada anak bangsa untuk dapat mengakses pendidikan yang lebih layak dan mudah.

KEYWORD :

Jelajah Buku Nusantara SiCepat Ekspres Taman Baca Inovator literasi pendidikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :