Sabtu, 04/05/2024 17:15 WIB

Ekonomi Digital Topang Perekonomian Bangsa di Tengah Pandemi

Meutya Hafid mengatakan pemanfaatan internet sangat membantu para entrepreneuer muda.

Webinar bertema Pemanfaatan Internet bagi Entrepreneur Muda yang digelar atas kerjasama DPR dan Kemenkominfo, Selasa (24/8/2021).

Jakarta, Jurnas.com - Ekonomi digital menjadi sektor baru yang terbukti mampu penopang ekonomi Indonesia di tengah pendemi Covid-19.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat di era 4.0 membuat sektor bisnis bergeser ke digital entreprenuership.

Demikian mengemuka dalam webinar bertajuk Pemanfaatan Internet Bagi Entreprenuership Muda yang terselenggara atas kerjasama DPR dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) via zoom, Selasa (24/8/2021).

Webinar diikuti 150 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek, menghadirkan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid sebagai keynote speaker. Adapun Nara sumbernya adalah Koordinator Startup Digital Direktorat Pemberdayaan Informatika, Sonny Sudaryana dan Owner Urbain, Rico Lubis.

Menurut Meutya Hafid, pemanfaatan internet di era digital entrepreneurship sangat membantu, bahkan berperan strategis bagi entrepreneuer muda dalam mengembangkan usaha. 

"Sebagai pendorong inovasi dan kemandirian masyarakat, hal ini juga bisa sebagai indikator keunggulan dan daya saing negara," tandas Meutya Hafid

Politisi perempuan Partai Golkar itu mengatakan, pengadopsian teknologi internet di era pandemi Covid-19 pada berbagai bidang sangat diperlukan agar bisa melanjutkan kembali kegiatan dan aktifitas yang terhenti, terutama di bidang ekonomi.

DPR sendiri, lanjut Meutya, terus mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk berpartisipasi aktif dalam melalukan pelatihan-pelatihan yang meningkatkan kemampuan para wirausaha seperti para pelaku UMKM dalam mengoptimalkan ruang digital guna meningkatkan transaksi dan nilai usahanya.

Koordinator Startup Digital Direktorat Pemberdayaan Informatika, Sonny Sudaryana menyebut startup digital memiliki tiga karakteristik utama yang dinilai mampu membantu mempertahankan perekonomian Indonesia selama pandemi.

“Sebagai pemecah masalah, startup memiliki karakter pertumbuhan pendapatan yang cepat sekitar 10 persen per minggu, memiliki pasar yang besar dan capital efficient. Karakter ini membantu perekonomian dan dicapai melalui penggunaan teknologi,” katanya.

Sementara itu, clothing line menjadi bisnis yang diminati oleh anak muda, salah satunya adalah produk streetwear. Urbain Inc merupakan brand clothing line yang salah satu produknya, kaos ‘Jakarta VS Everybody’ sukses dikenal oleh banyak orang, khususnya anak muda.

“Cari referensi dari kamu sukanya brand apa. Nanti dari situ bisa dijadikan patokan untuk karakter brand yang akan kamu buat," kata Owner Urbain, Rico Lubis.

KEYWORD :

Meutya Hafid Ketua Komisi I DPR Kemenkominfo Sonny Sudaryana Rico Lubis Entrepreneur Muda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :