Selasa, 30/04/2024 18:32 WIB

Evakuasi Warga, Jepang Kirim Pesawat Militer ke Afghanistan

Pemerintah Jepang akan mengirim sebuah pesawat militer ke Afghanistan pada Senin (23/8), untuk membawa kembali warganya.

Potret perbatasan Iran dan Afghanistan (Foto: Press TV)

Tokyo, Jurnas.com - Pemerintah Jepang akan mengirim sebuah pesawat militer ke Afghanistan pada Senin (23/8), untuk membawa kembali warganya.

Demikian keterangan juru bicara pemerintah, di tengah ketidakpastian di negara itu setelah kelompok garis keras Taliban merebut kekuasaan dari tangan Ashraf Ghani.

Lebih banyak pesawat angkut militer diperkirakan akan dikirim ke Afghanistan untuk memulangkan tidak hanya warga negara Jepang tetapi juga warga Afghanistan yang bekerja di kedutaan Jepang atau dengan misi Jepang.

"Transportasi ini merupakan tindakan kemanusiaan yang mendesak untuk mengevakuasi warga negara kita dalam situasi yang luar biasa," kata Katsunobu Kato, kepala sekretaris kabinet dikutip dari Reuters dalam konferensi pers.

Sejumlah negara telah mengirimkan pesawat untuk membawa kembali warganya dan beberapa warga Afghanistan, pasca Amerika Serikat dan negara asing lainnya termasuk Inggris membawa beberapa ribu tentara untuk mengelola evakuasi.

Sementara itu Kato tidak mengungkapkan secara detail berapa banyak orang yang akan dievakuasi oleh pesawat militer Jepang.

Diketahui, Jepang menutup kedutaannya di Afghanistan dan mengevakuasi 12 personel. Namun sejumlah kecil warga negara Jepang masih berada di Afghanistan, dan menunggu evakuasi hingga saat ini.

KEYWORD :

Jepang Pesawat Militer Afghanistan Evakuasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :