Rabu, 01/05/2024 22:03 WIB

Demo 4 November

Subhanallah, Foto Kapolres Jakpus Imami Sholat Dandim 0501

Sebuah hasil jepretan kamera sempat mengabadikan moment istimewa, dimana dua aparat beda kesatuan tengah menunaikan sholat .

Jakarta - Pengamanan dan keamanan menjadi tanggung jawab pihak kepolisian dan TNI saat terjadi aksi demonstrasi. Apalagi, demonstrasi berskala besar dengan keterlibatan ratusan ribu massa sebagaimana yang terjadi di depan Istana Negara pada Jumat kemarin, (4/11/2016).

Pada aksi demonstrasi tersebut, ratusan ribu umat Islam turun ke jalan menuntut pemerintah untuk mendesak kepolisian mengusut kasus penistaan agama yang melibatkan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Gelombang massa yang terpusat di Istana saat itu sempat menekan pihak keamanan yang sejak awal bersiaga.

Kendati situasi penuh kesan mencekam karena tekanan dari massa yang sempat menekan, tak membuat sejumlah aparat yang beragama Islam meninggalkan kewajibannya melaksanakan sholat.

Sebuah hasil jepretan kamera sempat mengabadikan moment istimewa, dimana dua aparat beda kesatuan tengah menunaikan sholat disela-sela operasi pengamanan demonstrasi waktu itu. Dua sosok tersebut ternyata merupakan dua perwira Polisi dan TNI yang membawahi wilayah Jakarta Pusat yakni Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Dwiyono dengan Komandan Kodim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Moch. Zamroni.

Kerawanan terjadinya kerusuhan saat itu tak cukup membuyarkan kekhusyukan sembahyang keduanya. Tampak Dwiyono tampil menjadi imam sholat dengan makmumnya Zamroni.

Dalam foto yang diunggah di instagram dengan akun tentara_nasionalindonesia tersebut dijelaskan bahwa keduanya tengah menjalankan sholat maghrib.

Kemunculan foto tersebut ternyata cukup menarik perhatian nitizen. Sejumlah akun instragram lain secara berurutan menuliskan komentarnya dengan bacaan takbir.

nk_radinnantoh: Allahu Akbar

Sementara itu, akun lain menuliskan komentarnya dengan bacaan tasbih.

aksi_damai: Subhanallah

Seperti diketahui, sempat terjadi bentrok antara aparat dengan massa dalam demonstrasi ratusan ribu umat Islam di depan Istana Negara, Jumat kemarin (4/11/2016). Namun pihak keamanan akhirnya mampu meredam situasi. Keadaanpun berangsur pulih dan massa yang sejak awal ngotot merangsek masuk ke Istana Negara memilih membubarkan diri.

Aksi demonstrasi tersebut merupakan gelombang kedua menuntut agar presiden mendesak kepolisan mempercepat proses hukum kasus penistaan agama yang melibatkan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sebelumnya, Ahok dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri atas kasus penistaan Al-Quran dan agama Islam setelah pidatonya mengutip surat Al-Maidah ayat 51.

KEYWORD :

Demo 4 November Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Dwiyono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :