Jum'at, 26/04/2024 15:50 WIB

Wanita Inggris Tewas di Siprus Setelah Disuntik Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Wanita itu, dirawat di unit perawatan intensif Rumah Sakit Umum Nicosia, menerima dosis pertama vaksin pada 6 Mei di kota resor Paphos di pantai barat pulau Mediterania.

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Foto: Detik Health)

Nicosia, Jurnas.com - Seorang wanita Inggris berusia 39 tahun meninggal di rumah sakit Siprus karena insiden pembekuan darah setelah menerima vaksin COVID-19 AstraZeneca.

Charalambos Charilaou, juru bicara layanan kesehatan negara, mengatakan kepada CNA bahwa European Medicines Agency (EMA) akan menyelidiki kematian tersebut.

Wanita itu, dirawat di unit perawatan intensif Rumah Sakit Umum Nicosia, menerima dosis pertama vaksin pada 6 Mei di kota resor Paphos di pantai barat pulau Mediterania. Wanita itu, yang tidak disebutkan namanya, mengalami gejala beberapa hari kemudian.

Otoritas kesehatan Siprus telah membuka penyelidikan untuk melihat apakah "episode trombotik serius" terkait dengan vaksin AstraZeneca.

Otoritas Siprus sedang menyelidiki yang lain.

Empat kasus lain dari insiden pembekuan darah "ringan" - tiga di antaranya terjadi setelah suntikan AstraZeneca dan satu setelah suntikan Pfizer - juga sedang diselidiki oleh Siprus.

Beberapa negara telah membatasi atau menghentikan suntikan AstraZeneca dari kampanye vaksin nasional karena pembekuan darah yang sangat langka, meskipun EMA mengatakan manfaatnya lebih besar daripada risikonya.

AstraZeneca adalah tulang punggung peluncuran vaksinasi di Siprus, di mana dokter keluarga juga diizinkan memberikan suntikan kepada siapa pun yang berusia di atas 20 tahun.

Tetapi banyak orang yang memesan secara online untuk mendapatkan vaksin telah mengabaikan AstraZeneca dan memilih suntikan lain.

Menurut angka Our World in Data, Siprus berada di peringkat ketiga di Uni Eropa untuk vaksinasi per populasi, mengelola 57,54 dosis per 100 orang.

Hampir 49 persen populasi orang dewasa Siprus telah menerima suntikan vaksin COVID-19, dan 21 persen telah divaksinasi penuh.

Total infeksi sejak pandemi pada Maret 2020 dimulai adalah 71.911 dan 354 kematian. (Arab News)

KEYWORD :

Vaksin COVID-19 Pembekuan Darah AstraZeneca




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :