Minggu, 28/04/2024 07:48 WIB

Merinding, Pemahat Patung Bung Karno Alami Hal Gaib

Seniman Patung Ungkap Berbagai Kesulitan

Dunadi Pemahat Patung Bung Karno

Jakarta, Jurnas.com - Seniman patung Dunadi mengaku mengalami hal-hal gaib dan mistis saat memahat patung Bung Karno yang kini terpajang di halaman gedung Lembaha Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Jakarta Pusat.

Seniman asal Yogyakarta itu mengaku kerap bermimpi yang aneh-aneh dan mengalami kejadian tak lazim selama proses pembuatan patung.

"Kalau untuk gaib-gaib itu sebenarnya ada dari segi mimpi, dari segi lainnya, tetapi saya abaikan," kata Dunadi di sela-sela peresmian Patung Bung Karno di Lemhannas RI yang dihadiri Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, Kamis (20/5/2021).

Dunadi sendiri membulatkan tekat membuat patung "Putra Sang Fajar-Bung Karno" setelah mendapat ide dari Megawati. Ia lantas mendapat perintah dari eks Wali Kota Solo FX Rudy Hadyatmo untuk memvisualisasikan Bung Karno menjadi patung.

Meski sudah 14 kali membuat patung Bung Karno, Dunadi masih saja menemukan banyak kendala untuk membuat karyanya yang ke-15 ini.

Akhirnya ia mencari lebih banyak literasi, masukan, hingga pandangan para pihak yang pernah menemui langsung Bung Karno.

"Karena setiap saya memvisualisasikan sesuatu karya, meskipun itu sama, tetap kami mempertanggungjawabkan, menghidupkan lagi," kata dia.

"Karena membikin patung Bung Karno itu enggak gampang. Karena karakter beliau itu, orangnya itu, sebenarnya punya khas-khas tertentu. Orang bikin patung Bung Karno itu banyak, cuma untuk membuat karakternya, ruhnya, itu kan lain," lanjutnya.

Kali ini, Dunadi membuat patung Bung Karno baca buku yang acuannya sesuai patung Bung Karno di Blitar, yang dulu dibuat oleh Pak Sidharta.

"Beliau senior saya. Kemudian, kami menginginkan patung yang lebih besar lagi," katanya.

Patung setinggi empat meter itu dibuat selama empat bulan lebih. Prosesnya dimulai dengan desain yang dilanjutkan pembuatan maket sepanjang 30 cm. Selanjutnya, pihaknya melakukan proses cetak dan pengecoran. Yang di mana bahan dasarnya hasil peleburan dari tembaga, kuningan, dan seng sari.

"Kemudian kami lebur dan fisikkan ke dalam cetakan itu. Proses kerja itu kami menggunakan seniman pembantu sebanyak empat orang ditambah 10 pembantu dan sekitar 60 orang pengecor," tandasnya.

Dalam acara peresmian patung Bung Karno ini, selain Megawati, hadir juga Gubernur Lemhannas RI Letjen (purn) Agus Widjojo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

KEYWORD :

Patung Bung Karno Lemhannas Dunadi Megawati Soekarnoputri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :