Rabu, 15/05/2024 10:00 WIB

Teken Pakta Integritas, Indriyanto Seno Aji Resmi Jadi Anggota Dewas KPK

Indriyanto resmi menggantikan posisi Artidjo Alkostar yang wafat pada Februari lalu dengan sisa jabatan 2019-2023. 

Logo KPK

Jakarta, Jurnas.comIndriyanto Seno Aji menandatangani Pakta Integritas sebagai Anggota Dewan Pengawas (DewaslKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung ACLC KPK Jakarta. Penandatanganan dilakukan sehari setelah dia membacakan sumpah jabatan di Istana Negara.

Indriyanto resmi menggantikan posisi Artidjo Alkostar yang wafat pada Februari lalu dengan sisa jabatan 2019-2023. Di mana, Indriyanto membacakan pakta integritas dihadapan jajaran Dewas, pimpinan hingga pegawai KPK.

"Bersedia mematuhi, melaksanakan dan sungguh-sungguh memperkuat perundang-undangan dan kode etik pegawai KPK.
Bersedia menghindari pertentangan kepentingan dalam melaksanakan tugas," kata Indriyanto di Gedung ACLC KPK, Kamis (29/4).

Selain itu, Indriyanto juga berkomitmen untuk mematuhi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Apabila melanggar aturan dalam pakta integritas Indriyanto bersedia diberikan sanksi.

"Apabila saya melanggar pasal yang telah saya baca pada pakta integritas ini, saya bersedia diberikan sanksi moral, sanksi administrasi dan sanksi pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tegas Indriyanto.

Indriyanto Seno Adji tak asing dengan lembaga antirasuah. Dia sempat ditunjuk untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Pimpinan KPK.

Kala itu, Presiden Jokowi menujuk Indriyanto Seno Adji, Taufiqurrahman Ruki serta Johan Budi untuk menggantikan Abraham Samad, Bambang Widjojanto, dan Busyro Muqoddas.

Alasannya, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto ditetapkan sebagi tersangka dalam kasus yang melibatkan Polri dengan KPK.

Selepas menjadi Plt Pimpinan KPK, Indriyanto sempat diberikan amanah sebagai salah satu anggota panitia seleksi (pansel) Pimpinan KPK

Hasil kerja Indriyanto bersama tim Pansel KPK itulah yang melahirkan Pimpinan KPK saat ini yaitu Firli Bahuri, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango dan Alexander Marwata.

KEYWORD :

KPK Dewas Indriyanto Seno Aji




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :