Selasa, 30/04/2024 08:18 WIB

Event

Indonesia Diecast Expo 2016, Pecahkan Rekor Lelang Diecast

Indonesia Diecast Expo 2016 yang digelar selama dua hari berhasil memecahkan rekor lelang diecast tahun ini.

Koleksi Indonesia Diecast Expo / IDE

Jakarta - Indonesia Diecast Expo 2016 yang digelar pada 29-30 Oktober 2016, berhasil memecahkan rekor lelang diecast tahun ini. Tercatat selama dua hari pameran pengunjung mencapai 11.882 orang dengan nilai transaksi sebesar Rp 3 miliar.

Pada hari pertama, total tiga unit diecast custom terjual di angka Rp 12,7 juta. Sedangkan di hari kedua, meski hasil lelang diecast custom bertema Nusantara hanya mencapai Rp 4,5 juta untuk tiga unit, namun satu unit official event car yang berupa Mini Cooper skala 1:64 nomor seri 01 terjual dengan sistem lelang dengan angka Rp 8,5 juta.

Nilai tersebut memecahkan rekor lelang satu unit diecast skala 1:64 dalam sejarah penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo yang dipegang oleh Impala Nusantara yang hanya terjual Rp 7,2 juta pada tahun lalu.

Sebelumnya di acara pembukaan, Ketua Umum Volkswagen Club Indonesia, Soeyono berharap agar Indonesia Diecast Expo 2016 semakin baik dan mengalami peningkatan dalam hal jumlah pengunjung, kualitas acara, dan jumlah transaksi. Menurut Jenderal bintang tiga yang juga kolektor diecast tersebut, ketiga hal ini menjadi indikator kesuksesan sebuah pameran.

Seremoni pembukaan Indonesia Diecast Expo 2016 turut diikuti dengan peluncuran majalah diecast pertama di Indonesia, yaitu Majalah Diecast Indonesia (MDI).

Ketua Penyelenggara Indonesia Diecast Expo 2016, Arya Lembana, menjelaskan bahwa segmen pengunjung IDE tahun ini memang diperluas dengan memasukkan anak-anak.

“Untuk IDE tahun ini, kami melakukan beberapa penyesuaian guna mengakomodir kepentingan pengunjung dari kalangan anak-anak, di antaranya menambah area bermain dan kompetisi balap diecast,“ ujar Arya.

Pada gelaran IDE 2016 kali ini terdapat diorama kereta api berukuran 3 x 10 meter yang sengaja ditampilkan untuk menghibur anak-anak.

Tak hanya itu, Indonesia Diecast Expo 2016 juga menggelar acara lelang diecast hasil donasi seluruh peserta kategori Kolektor dan Komunitas. Pihak penyelenggara sendiri menyumbangan diecast custom bertema Nusantara sebanyak 7 unit dan sejumlah official event car. [yog]

KEYWORD :

Diecast Indonesia Diecast Expo IDE Komunitas Diecast




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :