Jum'at, 17/05/2024 04:12 WIB

Musk Berkunjung ke Beijing, Tesla Atasi Hambatan Utama soal Penerapan Self-driving di China

Musk Berkunjung ke Beijing, Tesla Atasi Hambatan Utama soal Penerapan Self-driving di China

Robin Zeng, ketua raksasa baterai Tiongkok CATL, berjalan di sebuah hotel tempat CEO Tesla Elon Musk menginap, di Beijing, Tiongkok, 29 April 2024. REUTERS

BEIJING - Tesla telah mengatasi beberapa hambatan regulasi utama yang telah lama menghambat peluncuran perangkat lunak self-driving-nya di Tiongkok, membuka jalan bagi hasil positif dari kunjungan mendadak Elon Musk ke pasar terbesar kedua produsen mobil AS tersebut.

CEO Tesla Musk tiba di ibu kota Tiongkok pada hari Minggu di mana ia diperkirakan akan membahas peluncuran perangkat lunak Full Self-Driving (FSD) dan izin untuk mentransfer data mengemudi ke luar negeri, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

Pada hari Senin, dua sumber terpisah mengatakan kepada Reuters bahwa Tesla telah mencapai kesepakatan dengan Baidu untuk menggunakan lisensi pemetaan raksasa teknologi Tiongkok tersebut untuk pengumpulan data di jalan umum Tiongkok, yang mereka gambarkan sebagai langkah penting untuk memperkenalkan FSD di negara tersebut.

Dan asosiasi otomotif terkemuka Tiongkok mengatakan pada hari Minggu bahwa mobil Model 3 dan Y Tesla termasuk di antara model yang telah diuji dan terbukti memenuhi persyaratan keamanan data Tiongkok.

Keamanan dan kepatuhan data telah menjadi alasan utama mengapa pembuat kendaraan listrik asal AS, yang meluncurkan versi paling otonom dari perangkat lunak Autopilot empat tahun lalu, belum menyediakan FSD di Tiongkok, pasar terbesar kedua secara global, meskipun ada permintaan dari pelanggan.

Regulator Tiongkok sejak tahun 2021 mewajibkan Tesla untuk menyimpan semua data yang dikumpulkan oleh armada Tiongkok di Shanghai, sehingga perusahaan tersebut tidak dapat mentransfer data apa pun kembali ke Amerika Serikat.

Musk sedang mencari persetujuan untuk mentransfer data yang dikumpulkan di dalam negeri ke luar negeri guna melatih algoritma untuk teknologi mengemudi otonomnya, kata orang tersebut.

Kunjungan Musk ke Tiongkok, pertama kali dilaporkan oleh Reuters, tidak diumumkan secara terbuka dan orang tersebut berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media. Tesla belum menanggapi permintaan komentar.

Analis ekuitas di Wedbush menyebut kunjungan mendadak itu sebagai "momen besar bagi Tesla."

Produsen dan pemasok mobil Tiongkok yang bersaing seperti Xpeng (9868.HK), membuka tab baru dan Huawei Technologies (HWT.UL) berusaha mendapatkan keunggulan dibandingkan Tesla dengan meluncurkan perangkat lunak serupa.

Pensiunan komentator surat kabar Hu Xijin mengatakan di akun Weibo-nya bahwa Tesla adalah satu-satunya produsen mobil yang didanai asing yang memenuhi persyaratan kepatuhan data Tiongkok dan mengatakan bahwa hal ini akan membuka jalan bagi mobil Tesla untuk memasuki lokasi yang dimiliki oleh lembaga pemerintah dan perusahaan milik negara di seluruh Tiongkok. .

“Ini bukan hanya sebuah terobosan di Tiongkok, tetapi juga merupakan demonstrasi signifikan bagi seluruh dunia dalam menyelesaikan masalah keamanan data,” ujarnya.

Mobil Tesla selama bertahun-tahun telah dilarang memasuki kompleks militer Tiongkok karena masalah keamanan terkait kamera yang dipasang di kendaraannya. Mobil-mobil mereka juga telah ditolak dari tempat-tempat yang mengadakan acara-acara politik penting, seperti konklaf kepemimpinan musim panas tahunan Partai Komunis yang berkuasa yang diadakan pada tahun 2022.

Prospek peningkatan FSD memasuki Tiongkok terjadi ketika saham Tesla telah kehilangan hampir sepertiga nilainya sejak awal tahun, karena meningkatnya kekhawatiran terhadap lintasan pertumbuhan pembuat kendaraan listrik tersebut. Pekan lalu, Tesla melaporkan penurunan pendapatan kuartal pertamanya sejak tahun 2020, ketika pandemi COVID-19 memperlambat produksi dan pengiriman.

Musk mengatakan pekan lalu bahwa Tesla akan memperkenalkan model baru yang lebih murah menggunakan platform kendaraan listrik dan jalur produksinya saat ini dan akan menawarkan "robotaxi" baru dengan teknologi self-driving. Dia mengatakan pada X bulan ini bahwa dia akan mengungkap robotaxi pada 8 Agustus.

Kondisi lalu lintas di Tiongkok yang rumit dengan lebih banyak pejalan kaki dan pengendara sepeda dibandingkan di banyak negara lain memberikan lebih banyak skenario yang penting untuk melatih algoritma mengemudi otonom dengan lebih cepat, menurut pakar industri.

“Jika Musk dapat memperoleh persetujuan dari Beijing untuk mentransfer data yang dikumpulkan di Tiongkok ke luar negeri, hal ini akan menjadi ‘pengubah permainan’ dalam percepatan pelatihan algoritme untuk teknologi otonomnya secara global,” kata analis Wedbush Dan Ives dalam sebuah catatan.

Musk mengatakan bulan ini bahwa Tesla mungkin akan segera menyediakan FSD untuk pelanggan di Tiongkok, sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang X.

Perjalanan Musk ke Tiongkok sejauh ini mencakup pertemuan dengan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang, yang memuji perkembangan Tesla di Tiongkok sebagai contoh sukses kerja sama ekonomi dan perdagangan AS-Tiongkok, dan penyelenggara pameran otomotif Beijing yang sedang berlangsung.

Ketua raksasa baterai China CATL (300750.SZ), membuka tab baru Robin Zeng, kunci baterai Tesla pemasok, juga mengunjungi hotel Musk di Beijing pada hari Senin, menurut seorang saksi Reuters. Reuters belum bisa segera mengonfirmasi kepada CATL jika Zeng bertemu dengan Musk.

Kunjungan Musk ke Tiongkok, pertama kali dilaporkan oleh Reuters, tidak diumumkan secara terbuka dan orang tersebut berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media. Tesla belum menanggapi permintaan komentar.

KEYWORD :

Mobil Listrik Tesla Elon Musk Autopilot




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :