Selasa, 30/04/2024 03:10 WIB

Wiranto Dapat Tambahan Dukungan Calon Ketum PBSI

Terjadinya penarikan dukungan untuk Gita Wirjawan ini diakui oleh salah satu anggota tim penjaringan dan penyaringan, Rislon Kembaren.

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mendapatkan tambahan dukungan suara untuk pencalonannya menjadi Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) periode 2016-2020.

Adalah Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI Kalimantan Utara (Kaltara) yang memberikan dukungan. Padahal provinsi termuda di Indonesia ini sebelumnya mendukung petahana, Gita Wirjawan. Dengan tambahan satu suara ini, dukungan Wiranto menjadi 19.

"Utusan dari Kaltara tadi datang ke tim penjaringan dengan membawa surat dukungan untuk Pak Wiranto yang ditandatangani ketua dan sekretaris, sekaligus membawa surat pencabutan dukungan untuk Pak Gita," kata juru bicara pihak Wiranto, Fadli Aulia saat dihubungi.

Fadli menambahkan peluang untuk terjadi penambahan dukungan untuk Wiranto memang cukup terbuka, apalagi musyawarah nasional (munas) baru akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, 30 Oktober hingga 1 November. Dengan demikian, segara kemungkinan bisa terjadi.

"Kami optomistis, jumlah dukungan untuk Pak Wiranto terus bertambah. Bahkan, kami juga optimistis bahwa Beliau akan terpilih secara aklamasi di Munas nanti," kata Fadli menambahkan.

Terjadinya penarikan dukungan untuk Gita Wirjawan ini diakui oleh salah satu anggota tim penjaringan dan penyaringan, Rislon Kembaren. Menurut dia, surat dukungan untuk Wiranto serta penarikan dukungan untuk Gita Wirjawan sudah masuk dan tinggal menunggu verifikasi.

"Memang benar, verifikasi akan segera kami lakukan karena penyerahan formulir pendaftaran sudah kami tutup per pukul 17.00 WIB," kata Rislon Kembaren.

Dengan ditutupnya penyerahan formulir pendaftaran, praktis hanya dua bakal calon yang mendaftar yaitu Ketua Umum PBSI periode 2012-2016 yaitu Gita Wirjawan dan Menkopolhukam Wiranto. Tahapan selanjutnya adalah proses verifikasi dan hasilnya akan diumumkan di Surabaya, 30 Oktober.

Sebelumnya, sang petahana mengembalikan formulir pendaftaran terlebih dahulu ke tim penjaringan dan penyaringan. Saat itu, Gita Wirjawan mendapatkan dukungan dari 18 pengprov PBSI. Salah satu pengprov yang memberikan dukungan penuh adalah Yogjakarta.

Melihat hanya dua calon yang mengembalikan formulir, pemilihan diprediksi bakal ketat karena kedua calon ini sama-sama memiliki kelebihan. Tidak bisa dipungkiri jika Gita Wirjawan merupakan salah satu sosok dibalik kembalinya emas olimpiade ke Indonesia lewat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

KEYWORD :

Kursi Ketum PBSI Wiranto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :