Sabtu, 27/04/2024 21:47 WIB

Kendaraan Niaga

Ini Penampakan Bus Toyota Berbahan Bakar Hidrogen

Pabrikan mobil Toyota berencana meluncurkan sebuah bus besar ramah lingkungan berbahan bakar hidrogen

Fuel Cell Hidrogen Bus / Toyota

Tokyo - Toyota berencana meluncurkan sebuah bus besar ramah lingkungan berbahan bakar hidrogen. Melalui laman resminya, Bus Toyota berbahan bakar hidrogen tersebut kabarnya sudah diujicoba sejak tahun lalu, dan siap meluncurkan pada 2017 mendatang.

Bicara soal tampilan, desain bus fuel cell hidrogen milik Toyota ini tak kalah dari bus-bus lainnya buatan Eropa. Bagian depan terlihat sangat modern berkat desain klaster lampu mirip bentuk boomerang.

Teknologi fuel cell yang digunakan bus ini mengadopsi teknologi milik kendaraan Toyota lainnya yang sebenarnya dikembangkan untuk sedan Toyota Mirai.

Urusan performanya, bus fuel cell ini akan memiliki output maksimum sebesar 9 kW, dengan beberapa tangkinya bisa menampung hidrogen setara dengan listrik, yakni 235 kWh.

Adapun sumber daya listrik yang besar dari bus tersebut bisa dijadikan semacam pembangkit listrik untuk situasi darurat. Nantinya bus hidrogen Toyota ini juga bakal digunakan untuk mensupport Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung pada 2020 mendatang.

Untuk bus hidrogen (H2) Toyota ini rumornya juga bakal diproduksi oleh Hino, yang mana Hino merupakan anak perusahaan Toyota. Bus H2 Toyota dalam waktu dekat ini akan segera dioperasikan guna melayani rute tertentu di Tokyo mulai awal 2017. [rafa]

 

 

KEYWORD :

Toyota Bus Toyota Bus fuel cell hidrogen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :