Kamis, 09/05/2024 14:04 WIB

Langkah Menteri Erick Buat Sentra Vaksinasi Mempercepat Program Indonesia Sehat

Langkah Menteri BUMN Erick Thohir mempercepat program Vaksinasi Nasional Covid 19 untuk segera mewujudkan Indonesia Sehat mendapatkan dukungan dari sejumlah kalangan.

Menteri BUMN Erick Thohir

Jakarta, Jurnas.com - Langkah Menteri BUMN Erick Thohir mempercepat program Vaksinasi Nasional Covid 19 untuk segera mewujudkan Indonesia Sehat mendapatkan dukungan dari sejumlah kalangan.

Bagi pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah, langkah itu upaya yang baik untuk meningkatkan akselerasi penyuntikan vaksin terhadap masyarakat Indonesia, yang selama ini dianggapnya masih relatif berjalan kurang cepat.

“Kalau sebagai upaya mempercepat vaksin tentu kebijakan yang baik, jadi vaksinasi yang ada bisa jauh lebih akselerasinya ditingkatkan, sebab vaksinasi yang diselenggarakan secara nasional ini berjalan relatif lamban,” kata dia saat dikontak, Selasa (16/3).

Trubus katakan, vaksin yang sudah diproduksi harus secepatnya digunakan untuk menghindari masa kadaluarsa, sehingga pelaksanaan vaksinasi sebaiknya dilakukan secara serentak dan lebih massif lagi.

“Harusnya idealnya kebijakan seperti itu atau pelaksanaan itu bersifat massif terjadi juga ditempat lain, jadi itu memang bisa mempercepat manakala itu dilakukan secara sinergis,” ungkapnya.

Lanjut Trubus, pelaksanaan sentra vaksinasi yang di Istora Senayan, Jakarta terlaksana atas sinergi antara Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan dan Pemda DKI yang menargetkan kalangan lanjut usia itu perlu ditiru oleh Pemerintah Daerah lainnya.

“Jadi model-model seperti itu yang dilakukan oleh Erick Thohir ini menjadi contoh di lingkup-lingkup lain, ditempat-tempat lain,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Trubus menyarankan untuk memperketat pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan vaksinas agar kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan secara optimal.

“Selalu dilakukanlah evaluasi terhadap sentra-sentra yang memang nantinya akan diterapkan dibeberapa wilayah karena selama ini kan kita kadang terlalu berinovasi di kebijakan tetapi kemudian karena lemahnya dalam evaluasi yang terjadi sering berjalan lamban,” demikian Trubus.

Sebelumnya Erick Thohir menyampaikan adanya sentra vaksinasi diharapkan akan memberikan percepatan vaksinasi di Indonesia.

"Percepatan vaksinasi nasional harus dilakukan demi mewujudkan Indonesia sehat segera mungkin," Erick Thohir dalam keterangan pers, Senin (8/3).

Saat ini sentra vaksin akan difokuskan kepada target masyarakat lanjut usia (lansia). Selain lansia, target vaksinasi pada tahap kedua ini juga dilakukan kepada pekerja di sektor publik.

Ditargetkan dari sentra vaksinasi tersebut akan dilakukan 5.000 vaksinasi per hari. Vaksinasi akan dilakukan setiap hari selama 4 bulan ke depan.

Saat ini sentra vaksinasi masih dilakukan di DKI Jakarta. Erick tak menutup kemungkinan bahwa nantinya pembuatan sentra vaksinasi juga akan dilakukan di sejumlah daerah.

"Sama seperti apa yang kami lakukan di DKI Jakarta, kami juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah yang membutuhkan percepatan," kata Erick.

Pendataan masyarakat yang akan divaksin dilakukan melalui pendaftaran dan pendataan oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan. Selain itu ada pula pendataan melalui komunitas.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, hingga Minggu (7/3) kemarin sebanyak 2,88 juta masyarakat telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Angka tersebut masih jauh dari target 181,5 juta untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

KEYWORD :

BUMN Erick Thohir Sentra Vaksinasi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :