Sabtu, 04/05/2024 10:32 WIB

Israel Akhirnya Mulai Kirim Vaksin Covid-19 ke Palestina

Pengiriman itu membuat Israel menjadi negara pertama di dunia yang melakukannya.

Warga Israel memakai masker

Jakarta, Jurnas.com - Israel mulai mengirimkan vaksin Covid-19 ke Otoritas Palestina, Senin (01/02) waktu setempat. Pengiriman itu membuat Israel menjadi negara pertama di dunia yang melakukannya.

Pejabat Israel mengirimkan pengiriman pertama 2.000 dosis vaksin Moderna ke tim medis Palestina. Sisa dari 5.000 dosis yang diharapkan akan dikirim dalam tiga pengiriman lagi.

Dilansir UPI, Selasa (02/02), pejabat Palestina mengharapkan ribuan dosis vaksin "Sputnik V" dari Rusia, tetapi kesulitan logistik telah menunda distribusi.

Beberapa badan internasional sebelumnya mengkritik Israel karena awalnya menolak mengirim vaksin ke Palestina. Pejabat Israel kemudian merekomendasikan pengiriman dosis karena pekerja Palestina sering masuk ke Israel.

Di tengah kekhawatiran tentang vaksin yang masuk ke Jalur Gaza, anggota parlemen Knesset Zvi Hauser meminta pemerintah untuk memastikan vaksin tetap berada di tangan Otoritas Palestina.

Hauser menekankan dalam sebuah surat kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz bahwa Israel harus membuat persamaan baru berdasarkan pada timbal balik kemanusiaan.

Perdana Menteri PA Mohammed Shtayyeh mengatakan kepada kantor berita WAFA Palestina bahwa pihak berwenang mengharapkan untuk menerima 50.000 dosis tambahan, sebagian besar dari fasilitas COVAX Organisasi Kesehatan Dunia.

Tepi Barat dan Gaza telah menyaksikan 160.000 kasus virus korona dan 1.800 kematian terkait sejak pandemi dimulai, menurut Universitas Johns Hopkins .

KEYWORD :

Vaksin Covid-19 Otoritas Israel Warga Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :