Senin, 29/04/2024 08:18 WIB

PILKADA DKI JAKARTA

Awas! Pemilih Siluman Dikerahkan untuk Ahok-Djarot

Pemilih siluman akan dikerahkan untuk memenangkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ilustrasi

Jakarta - Pemilih siluman akan dikerahkan untuk memenangkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Arief Poyuono melalui rilis yang diterima redaksi, Jakarta, Senin (17/10).

Menurutnya, pengerahan pemilih siluman itu berdasarkan informasi yang diterima oleh Pasukan Relawan Anies-Sandi untuk Jakarta (PARAS JAKARTA).

"Modus yang dilakukan antara lain dengan mendaftarkan para penduduk pendatang yang tidak memiliki KTP DKI dan bukan Warga Jakarta tetapi tinggal dan bekerja di Jakarta, ledakan daftar pemilih tetap pada Pilkada DKI Jakarta," kata Arief.

Menurutnya, para pekerja non formal dan informal tersebut kebanyakan sebagai asisten rumah tangga, kuli toko, buruh di pabrik yang oleh para majikannya didaftarkan sebagai pemilih pada Pilkada DKI Jakarta.

"Selain itu juga para pedagang keliling seperti tukang bakso, siomay, tukang ojek, supir angkot yang tidak memiliki KTP DKI juga didaftarkan sebagai pemilih juga," terangnya.

Kata Arief, hal ini sangat bisa terjadi karena banyak warga siluman di DKI Jakarta yang punya KTP Jakarta tetapi tidak tinggal dan menetap di Jakarta.

"Biasanya mereka membuat KTP DKI hanya untuk keperluan membuat SIM atau surat kendaraan motor dan keperluan administrasi di Jakarta saja atau Warga ber-KTP DKI Jakarta tapi sudah pindah dari Jakarta atau sudah meninggal dunia," katanya.

"Jumlahnya diperkirakan pemegang KTP DKI Jakarta yang menjadi warga siluman itu sebesar 25 % dari total KTP DKI Jakarta yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta," tambahnya.

Untuk itu, lanjut Arief, Partai Gerindra mengimbau pada warga DKI yang tinggal di Jakarta untuk mengawasi para pemilih saat akan pencoblosan.

"Kalau yang datang Ke TPS benar benar warga DKI Jakarta yang sah dan punya hak pilih, Sebab pemilih siluman nanti akan diarahkan untuk memilih pasangan Petahana," tandasnya.

KEYWORD :

Pilkada DKI Jakarta Ahok-Djarot Agus-Sylvi Anies-Sandi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :