Rabu, 08/05/2024 01:09 WIB

KPU Sumut : 1.643.175 Lembar Surat Suara Pilkada Medan Sudah Masuk

Sebanyak 1.643.175 lembar surat suara sudah dikirim ke gudang KPU Medan, dan itu tercepat untuk proses pengiriman surat suara.

Proses pembongkaran surat suara Pilkada Medan dari truk tronton ke gudang KPU Medan di eks Bandara Polonia Medan, Minggu malam. (Foto: ist)

Medan, Jurnas.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan surat suara untuk Pilkada Kota Medan telah masuk. Sebanyak 1.643.175 lembar surat suara sudah dikirim ke gudang KPU Medan di ex Bandara Polonia Medan.

"Untuk surat suara pada pelaksanaan Pilkada serentak di Sumut, baru Kota Medan yang sudah masuk. Sebanyak 1.643.175 lembar surat suara sudah dikirim ke gudang KPU Medan, dan itu tercepat untuk proses pengiriman surat suara," kata Komisioner KPU Sumut, Syahrial Syah di Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Senin (16/11/2020).

Karena dibanding kabupaten/kota lain yang juga menyelenggarakan Pilkada serantak di Sumut, untuk Kota Medan ternyata pada, Minggu (15/11/2020) sekitar pukul 21.25 WIB, sudah masuk 1.643.175 lembar surat suara.

"Jadi, kita harapkan 3 sampai 4 hari kedepan bisa diikuti kabupaten/kota lainnya," sebutnya sembari menargetkan masuknya surat suara di Sumut dapat dituntaskan dalam seminggu kedepan.

Diketahui, selain Kota Medan ada 22 kabupaten/kota di Sumut yang juga mengikuti Pilkada serentak di tahun 2020 ini, dengan jumlah 64 pasangan calon (paslon).

Pengadaan dan pengiriman surat suara berasal dari Percetakan Temprina Media Grafika Bekasi Jawa Barat, menggunakan alat transportasi darat (tronton) menuju Kota Medan.

Komisioner KPU Medan Nana Miranti didampingi Sekretaris Nirwan, mengutarakan, telah dilaksanakan pembukaan segel truk disaksikan KPU Medan, Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap didampingi Komisioner Taufiqurrahman dan pihak kepolisian kemudian dilaksanakan penurunan barang, pada Minggu malam (15/11).

"Rencananya, pembukaan segel surat suara dilaksanakan pada Selasa (17/11), diawali dengan seremonial pembukaan segel surat suara," paparnya sembari menyampaikan pada hari ini, Senin (16/11) juga dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara terhadap 125 pekerja.

Kemudian, Selasa mulai dilaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara. "Diperkirakan, proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini selesai 5-6 hari, kemudian dilanjutkan dengan pengepakan," ungkapnya.

"Surat suara yang dicetak sebanyak jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap  (DPT) yakni 1.601.001 pemilih ditambah 2,5 persen cadangan menjadi 1.643.175 lembar," paparnya. (Iswandi)

KEYWORD :

Medan Surat Suara Pilkada Syahrial Syah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :