Jum'at, 19/04/2024 16:09 WIB

Kominfo Tekankan Pentingnya Literasi Digital saat Bermedsos

Kominfo Tekankan Pentingnya Literasi Digital saat Bermedsos

Pekan Literasi Digital di Kota Medan (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menekankan pentingnya literasi digital saat bermain media sosial (medsos). Hal ini disampaikan dalam kegiatan Pekan Literasi Digital, menggandeng Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi di Kota Medan, Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini meliputi tiga kelas literasi digital yaitu Obral-obrol Literasi Digital, Kelas Cek Fakta, dan Kelas UMKM yang diselenggarakan di Hall Kampus 5 Universitas Prima Indonesia, Kota Medan dengan dihadiri sekitar 1000 peserta secara luring dan daring.

Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arrahmaan Pane dalam sambutannya mengatakan bahwa 82 persen masyarakat Kota Medan sudah menggunakan Internet, sehingga literasi digital sangat dibutuhkan agar masyarakat lebih bijaksana dalam berinternet.

"Harapannya adik-adik bisa melek digital dan bisa memanfaatkannya dan tidak terjebak dengan hoaks di medsos. Jadi harus bijak-bijak kita menggunakan kata-kata dan berpikirlah sebelum kita memposting sesuatu di internet," ujar Arrahman.

Pemanfaatan teknologi dalam pelayanan masyarakat juga tak kalah pentingnya menurut Arrahman. Sejauh ini, pihaknya telah menerapkan tanda tangan elektronik untuk urusan surat menyurat.

"Misalnya saya ada disini (Hall Unpri) sedangkan ada surat yg harus saya tandatangani, saya bisa langsung tanda tangan melalui handphone," imbuh dia.

Sementara tiga kelas literasi digital masing-masing diisi oleh Dewan Pengarah Siberkreasi Yosi Mokalu, Ketua Komite Edukasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Simli Novita Nurman, Wakil Ketua Umum Siberkreasi Edho Zell, serta KOL Kota Medan Cut Melissa.

Yosi dalam sambutannya mengajak masyarakat berhati-hati saat beraktivitas di dunia maya. Sebab, setiap hal yang diposting di internet akan menjadi jejak digital.

"Jadi ketika di masa depan kita berkolaborasi dengan banyak pihak dan mereka menanyakan (tentang) sosmed kita, kita bisa bangga menunjukkan jejak digital kita yang positif," jelas Yosi.

KEYWORD :

Kominfo Literasi Digital Medan Media Sosial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :