Senin, 29/04/2024 01:25 WIB

Luar Negeri

Aktivis Pro-Demokrasi Hong Kong Ditahan di Thailand

Joshua Wong, 19 tahun, ditahan pada Rabu (5/10) di Bandra Suvarnabhumi, Bangkok.

Joshua Wong saat melakukan aksi demo Agutus lalu di Hong Kong (foto: wsj.com)

Hong Kong - Aktivis remaja yang turut andil dalam gerakan pro-demokrasi Hong Kong dua tahun lalu, ditahan di Thailand. Joshua Wong, 19 tahun, ditahan pada Rabu (5/10) di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok usai terbang menuju Thailand untuk bertemu dengan para aktivis mahasiswa. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang partisipan partai politik yang dibangun Wong.

Aktivis Thailand, Netiwit Chotipahatphaisal, mengatakan bahwa Wong ditahan di kantor imigrasi bandara untuk menindak lanjuti permintaan tertulis dari pemerintah Cina. Netiwit mengaku kesulitan mendapatkan informasi Wong dari kepolisian Thailand. “Kami mencoba berkomunikasi dengan salah seorang polisi tetapi, tidak mendapat informasi apapun,” ujarnya sebagaimana dirilis oleh The Wall Street Journal.

Juru bicara polisi Thailand menyebut para pejabat masih menyelidiki kasus tersebut, sekaligus membantah adanya permintaan dari Cina terkait Wong.

Kementerian Luar Negeri Cina membenarkan bahwa pihaknya telah menerima informasi atas penahanan Wong. Namun pemerintah Cina menyangkal telah meminta Thailand untuk menahan Wong secara diam-diam.

”Kami menghormati hukum yang berlaku di negara tersebut,” tegasnya.

Sebelumnya, banyak aktivis Hong Kong yang mengalami masalah saat bepergian ke Cina dan negara-negara Asia lainnya. Tahun lalu Malaysia menolak Wong di Penang Airport. Hal ini dilakukan demi mencegah aktivis tersebut menghadiri acara-acara yang berbicara tentang aktivisme kaum muda. Beberapa hari kemudian, Malaysia memulangkan aktivis veteran Hongkong, Leung Kwok-hung alias Long Hair.

KEYWORD :

Hong Kong Joshua Wong Cina Thailand




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :