Senin, 06/05/2024 01:25 WIB

Tampilkan Ludruk Kirun cs, PDIP Lepas Ketegangan Hadapi Covid-19

BKN terus-menerus memiliki prakarsa untuk menampilkan jatidiri kebudyaaan bangsa

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan menggelar ludruk tombo Covid-19 secara daring, Jumat (11/9/2020) malam.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, memberi sambutan pada pembukaan acara tersebut, sekaligus mengapresiasi BKNP PDIP yang dipimpin Aria Bima dan Rano Karno.

"Di tengah pandemi covid-19, BKN terus-menerus memiliki prakarsa untuk menampilkan jatidiri kebudyaaan bangsa, menampilkan cerita-cerita yang merakyat yang berangkat dari seluruh dinamika kehidupan rakyat itu sendiri," kata Hasto.

Sebelum memberi sambutan, Hasto terlebih dahulu bercerita kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang menitipkan salam kepada semua penikmat ludruk.

Megawati menegaskan ludruk bukan sekedar drama yang menampilkan cerita kepahlawanan, cerita rakyat, tetapi menunjukkan betapa kebudayaan nusantara yang begitu beragam.

"Terlebih ludruk ini disampaikan dengan warna dialog suroboyoan, Jawa Timuran," jelasnya.

Menurut Hasto, budaya Jawa Timuran bersifat egaliter. Karya budaya ini menampilkan tidak hanya hiburan bagi rakyat, juga suatu kritik, narasi, yang membuka kesadaran untuk mencintai kebudayaan sendiri.

"Dan di saat yang bersamaan, melalui ludruk, akan ditampilkan suatu cerita yang memberikan harapan bagi rakyat untuk bangkit. Harapan bagi rakyat untuk bisa tertawa di tengah berbagai kesulitan," kata Hasto.

Secara khusus, Hasto mengatakan PDIP mengucapkan terima kasih pada Kirun. Pihaknya menilai Kirun dan kawan-kawan sebagai tokoh kebudayaan yang luar biasa, sangat kreatif, selalu punya daya inovasi tetapi membumi. Para seniman itu disebutnya selalu mengakar pada tradisi kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Jawa.

"Beliau adalah seorang seniman multitalenta dan di bawah pimpinan Pak Kirun saya yakin ludruk yang dipersembahkan Ini akan membawa suatu semangat bagi kita untuk bertekun di dalam berbagai persoalan yang kita hadapi di tengah pandemi ini," kata Hasto.

"Semangat hidup untuk tetap punya harapan sambil tertawa bersama dengan ludruk ini," tegasnya.

"Selamat menyaksikan dan mari kita cintai kebudayaan kita. Kita gelorakan semangat mencintai Indonesia dengan jalan kebudayaannya dan kita bangga dengan kebudayaan kita," pungkas Hasto.

KEYWORD :

Ludruk Kirun PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :