Kamis, 16/05/2024 09:26 WIB

Daftar 12 Negara Bebas Kasus Covid-19

 Kasus virus corona baru atau covid-19 yang dikonfirmasi sekarang telah melampaui 25 juta, menurut angka terbaru dari Universitas Johns Hopkins

Virus corona atau COVID-19 (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Jurnas.com - Kasus virus corona baru atau covid-19 yang dikonfirmasi sekarang telah melampaui 25 juta, menurut angka terbaru dari Universitas Johns Hopkins.

Covid-19 telah menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, menjangkau 188 negara dan wilayah dan mendorong tindakan penguncian dan pembatasan pergerakan di hampir setiap wilayah di dunia.

Kehidupan sehari-hari di beberapa negara sekarang membutuhkan masker wajah wajib, hasil tes negatif dan tindakan jarak sosial, sementara banyak tempat lain tetap terkunci.

Dengan jumlah kasus yang begitu luas, sulit untuk dipahami, tetapi ada beberapa negara saat ini tidak memerangi virus. Ada beberapa negara yang tampaknya berhasil lolos dari pandemi, setidaknya untuk saat ini.

Dua belas negara tidak memiliki kasus virus korona yang dikonfirmasi. Beberapa dari destinasi ini adalah negara pulau kecil di Samudra Pasifik di mana jumlah pengunjung sudah rendah sehingga jauh lebih mudah untuk mencegah virus keluar.

Negara lain di mana tidak ada kasus yang tercatat termasuk tujuan yang menimbulkan tanda tanya atas keabsahan statistik resmi: negara di mana pihak berwenang kemungkinan tidak akan mengumumkan wabah virus, bahkan jika memang ada.

Korea Utara, negara berpenduduk lebih dari 20 juta orang dan tetangga dekat China tempat virus pertama kali berasal, mengatakan tidak memiliki kasus virus.

Negara itu melaporkan kasus yang dicurigai pada bulan Juli, tetapi kemudian mengatakan ini adalah alarm palsu. Banyak yang mempertanyakan kebenaran klaim bahwa itu bebas virus. Namun, Korea Utara adalah negara pertama di dunia yang menutup perbatasannya yang akan membantu mencegah penyebaran virus.

Negara itu menutup perbatasannya pada bulan Januari dan memberlakukan periode karantina yang lama hingga dua bulan untuk setiap penumpang yang datang. Turkmenistan adalah negara lain tempat pelaporan resminya dipertanyakan.

Negara lain, seperti negara pulau kecil Nauru di timur laut Australia, tampaknya telah lolos dari pandemi berkat lokasinya yang sangat terpencil. Dengan populasi kurang dari 11.000, pulau ini adalah salah satu negara yang paling jarang dikunjungi di dunia, yang membantu dalam hal mencegah orang keluar.

Berikut daftar 12 negara bebas virus corona, dilansir The National, Selasa (01/09):

1. Kiribati

2. Negara Federasi Mikronesia

3. Kepulauan Marshall

4. Nauru

5. Korea Utara

6. Palau

7. Samoa

8. Kepulauan Solomon

9. Turkmenistan

10. Tuvalu

11. Tonga

12. Vanuatu

 

KEYWORD :

Daftar Negara Bebas Covid-19 John Hopkins




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :