Rabu, 01/05/2024 21:51 WIB

Pemerintah Cairkan Subsidi Upah 2,5 Juta Tenaga Kerja

Proses penyaluran bantuan melalui bank penyalur dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) lewat transfer langsung ke rekening pekerja

Menaker Ida Fauziyah (IntiPesan)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) cairkan bantuan subsidi upah kepada 2,5 juta tenaga kerja (naker). Pencairan tersebut ditandai peluncuran bantuan pemerintah subsidi gaji bagi pekerja dan buruh di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresiden Jakarta, Kamis (27/8/2020). Kegiatan itu dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pada 24 Agustus 2020 Kemnaker telah menerima data calon penerima bantuan subsidi upah sebanyak 2,5 juta orang yang bergaji di bawah Rp 5 juta.

Data tersebut telah divalidasi dan diverifikasi BPJS Ketenagakerjaan. "Ini sebagai batch pertama penerima bantuan subsidi upah atau gaji," kata Ida Fauziyah dalam acara peluncuran tersebut.

Ida menerangkan, Kemnaker telah melakukan pengecekan kelengkapan dokumen sesuai dengan syarat dalam Permenaker Nomor 14 tahun 2020 sebagai payung hukum pelaksanaan bantuan subsidi upah atau gaji.

"Data tersebut kemudian kami cek kelengkapannya sesuai kriteria yang diatur dalam Permenaker untuk meminimalkan risiko administrasi, dan tepat sasaran," ujar Ida Fauziyah.

Dijelaskan Ida, proses penyaluran bantuan melalui bank penyalur yang terhimpun dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) lewat transfer langsung ke masing-masing rekening pekerja.

"Bantuan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan dengan total Rp 2,4 juta dan dicairkan dalam dua tahap pencairan masing-masing sebesar Rp 1,2 juta," terang Ida Fauziyah.

Adapun rincian penyaluran bantuan subsidi upah di masing-masing bank penyalur batch pertama adalah Bank Mandiri 700.000 naker lebih, rekening bank BNI 900.000, Bank BRI 600.000 dan di rekening BTN 200.000.

"Penyaluran selanjutnya dilakukan secara bertahap hingga mencapai keseluruhan target 15,7 juta penerima," jelas Ida Fauziyah.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Tenaga Kerja Subsidi Upah Ida Fauziyah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :