Selasa, 30/04/2024 05:24 WIB

Meski Persiapan Minim, Indonesia Siap Kalahkan Malaysia

Timnas Indonesia tengah berlatih (liputan6.com)

Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl optimistis mendapatkan hasil maksimal saat menjamu Malaysia dalam pertandingan uji coba, Selasa (6/9) malam WIB, di Stadion Manahan Solo.

Riedl sudah memimpin latihan timnas senior di Stadion Manahan diikuti 22 pemain. Namun Riedl tidak memforsir latihan, mengingat pemain baru saja memperkuat klub masing-masing di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Recovery dua hari sebelum pertandingan menurut pelatih asal Austria tersebut tidaklah cukup.

“Kita hanya latihan taktik selama 30 menit. Ini latihan ringan, karena sebelumnya pemain capai setelah bermain di kompetisi liga. Latihan tersebut hanya recovery bagi pemain yang bermain di liga,” kata Riedl seperti dikutip goal.com.

“Persiapan dua hari itu menurut saya cukup minim, tapi akan dimaksimalkan saat lawan Malaysia.”

Bergabungnya Andik Vermansah diharapkan bisa memberikan masukan kepada tim untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan Malaysia.

(Baca: Timnas-Piala-AFF-2016/">Ini 22 Pemain Timnas Piala AFF 2016)

“Anda tahu, timnas Indonesia sudah vakum 1,5 tahun. Tapi percayalah, seluruh pemain yang dipanggil merupakan pemain terbaik,” tegas Riedl.

“Selain dari YouTube, tim pelatih akan berdiskusi dengan Andik malam ini untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan calon lawannya itu,” tambah asisten pelatih Wolfgang Pikal.

Pelatih tim nasional (timnas) Malaysia Ong Kim Swee menegaskan timnya sudah siap menghadapi Indonesia. Menurutnya, ada beberapa pemain skuat Garuda yang harus diwaspadai pada laga itu. Di antaranya kiper Kurnia Meiga, Boaz Solossa, dan Andik Vermansah.

"Tapi Meiga tidak bisa turun karena cedera. Untuk Andik, saya tahu sejak 2011. Sampai sekarang kualitasnya tidak menurun, dia nyawa tim Indonesia. Dan Boaz memiliki kecepatan di lini depan serta akurasi. Tidak hanya tiga pemain itu, kami pastinya mewaspadai seluruh pemain Indonesia," ucap Kim Swee, dalam sesi jumpa pers jelang laga.

Dia berpendapat, baik Malaysia maupun Indonesia memiliki kekuatan yang merata di semua lini. Dia pun tak menganggap remeh tim Merah Putih yang sudah lebih dari satu tahun absen dari pentas internasional.

"Saya tidak terlalu paham pemain Indonesia saat ini. Hanya beberapa yang saya kenal memperkuat skuat pelatih Riedl. Ini pertandingan yang kami tunggu, karena kedua tim memiliki sejarah pertemuan yang panjang dan selalu menarik," ujar Kim.

KEYWORD :

Timnas riedl malaysia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :