Jum'at, 10/05/2024 20:05 WIB

Syahrul Yasin Limpo Tak Ambil Pusing Pembebasan Impor Bawang Putih

Mendag Agus menjelaskan, pembebasan persetujuan impor (PI) untuk komoditas tersebut untuk megendalikan kenaikan harga yang sangat tajam akibat stok yang menipis di awal 2020.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di sela memberikan bantuan KUR di Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, Rabu (12/2).

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo tidak mengambil pusing soal pembebasan impor Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk komoditas bawang putih dan bawang bombay.

Menurut Syahrul, semua yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mengendalikan ekspor dan impor komoditas pangan, berdasarkan aturan yang ada. 

"Kami tidak keluar dari aturan itu. Bahwa ada izin dan lain sebagainya tentu dalam kapasitas kementerian yang lain. Tetapi semua syarat terhadap kepentingan itu, telah kita siapkan," ujar Syahrul kepada Jurnas.com di sela operasi pasar di Toko Tani Center Indonesia (TTIC), Kamis (19/3).

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto menyederhanakan aturan impor untuk komoditas bawang putih dan bawang bombay yang harganya bikin klenger akhir-akhir.

Mendag Agus menjelaskan, pembebasan persetujuan impor (PI) untuk komoditas tersebut untuk megendalikan kenaikan harga yang sangat tajam akibat stok yang menipis di awal 2020.

"Pembebasan ini tidak perlu PI, secara keseluruhan khusus bawang putih dan bawang bombay artinya masyarakat yang punya izin impor ini bisa tanpa meminta lagi (PI)," tegas Agus kata Agus seperti yang disampaikan melalui konferensi pers, Rabu (18/3).

Namun, kebijakan itu tidak akan berlangsung dalam rentang waktu yang tidak begitu lama, karena hanya berlaku sampai 31 Mei 2020. "Jika diberlakukan secara jangka panjang maka dikhawatirkan bakal adanya spekulan," ujarnya.

Mendag Agus berharap dengan pembebasan impor ini mampu menurunkan harga bawang bombay yang sempat mencapai harga Rp150 ribu per kg dan bawang putih Rp49.000.

"Dengan situasi ini kita menyederhanakan proses impor agar lebih simple, khususnya pada komoditas dalam pantauan yang harganya tidak stabil," katanya.

KEYWORD :

Pembebasan Impor Bawang Bombay Bawang Putih Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :