Minggu, 19/05/2024 19:53 WIB

Italia Bersedia Lanjutkan Penerbangan ke China

Keputusan Italia untuk menghentikan penerbangan tanpa menghubungi China sebelumnya telah menyebabkan ketidaknyamanan bagi warga kedua negara. 

Seorang pria membeli masker di sebuah toko obat setelah wabah virus corona baru dan penutupan kota, di Wuhan, provinsi Hubei, Cina, pada 29 Januari 2020. (Foto: Reuters)

Beijing, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Italia bersedia untuk melanjutkan beberapa penerbangan antara kedua negara, setelah menangguhkan lalu lintas udara langsung bulan lalu karena kekhawatiran tentang wabah virus coroan.

Dikatakan bahwa Wakil Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, mengadakan pertemuan dengan duta besar Italia untuk China, Luca Ferrari, pada Kamis (6/2) di mana mereka membahas masalah tersebut.

Qin mengatakan kepada Ferrari bahwa keputusan Italia untuk menghentikan penerbangan tanpa menghubungi China sebelumnya telah menyebabkan ketidaknyamanan bagi warga kedua negara. 

"China sangat tidak puas dengan reaksi yang berlebihan dan pembatasan, terutama karena berusaha membawa warga yang terdampar ke rumah," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan di situs webnya.

Ferrari mengatakan Italia bersimpati dengan situasi yang dihadapi penduduk China di Italia dan pada tahap ini bersedia untuk menyetujui beberapa aplikasi dari maskapai China untuk melanjutkan beberapa penerbangan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan tidak segera menanggapi permintaan dari Reuters mengenai apakah langkah Italia untuk melanjutkan beberapa penerbangan China termasuk Taiwan juga.

Kedutaan de facto Italia di Taiwan mengatakan pada Rabu (5/2) pihaknya telah "mencatat" permintaan pulau itu untuk memulai kembali hubungan udara dengan cepat, setelah pemerintah Italia memasukkan Taiwan ketika menghentikan penerbangan langsung ke Cina.

KEYWORD :

Virus Corona Bahaya Virus Corona Qin Gang Maskapai Italia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :