Minggu, 28/04/2024 07:04 WIB

Produk Ini Bikin Cianjur Go Internasional

Suasana panen Beras Pandanwangi Desa Jambudipa./foto:sifan

Cianjur - Salah satu daya tarik Kabupaten Cianjur ada di Warungkondang. Hanya perlu limabelas menit menuju kecamatan ini dari kota. View desa-desa di kecamatan ini sangat indah, dengan hijau Gunung Gede Pangrango di belakangnya.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengatakan bahwa salah satu desa di Kecamatan Warungkondang akan menjadi ikon Cianjur, yaitu Desa Bunikasih.

"Desa ini akan dijadikan tempat tujuan wisata karena memiliki nilai jual di tingkat lokal, nasional hingga internasinoal," ucap bupati muda itu kepada para wartawan pada Minggu (7/8). Di Kecamatan Warungkondang, menurut Irvan, akan dijadikan tempat pengembangan wisata berbasis pertanian khas.

Tiga komoditi menarik dari Warungkondang adalah Lampu Gentur, Ayam Pelung serta Beras Pandanwangi. Lampu Gentur bisa dijumpai di Desa Jambudipa. Di desa ini banyak sekali perajin yang membuat Lampu Gentur berbasis Home Industri. Sedangkan Ayam Pelung dan Pandanwangi bisa dijumpai di Desa Bunikasih.

"Awalnya Bunikasih hanya akan dijadikan sentra Ayam Pelung, sedangkan Pandanwangi disentrakan di Desa Jambudipa. Namun Pemkab memiliki lahan di Desa Bunikasih, sehingga kedua ikon Cianjur akan dialihkan ke desa tersebut," jelas Irvan.

Sementara itu, Candra Dwi Kusumah, Camat Warungkondang, menjelaskan bahwa Cianjur memang akan didesain sebagai kota pangan dunia. Lokasi yang cukup tepat untuk desain itu ada di Kecamatan Warungkondang.

"Di Kecamatan ini, ada produk-produk yang sudah meng-internasional, seperti Lampu Gentur," ucap Candra saat ditemui di ruang kerjanya. Menurutnya, selain Lampu Gentur, ada produk beras Pandanwangi dan ayam Pelung yang memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri.

Pemerintah Kabupaten Cianjur sendiri optimis bahwa Cianjur akan menjadi sebuah kota yang maju dengan produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakatnya. Contoh yang sudah mengglobal, seperti Lampu Gentur dan Beras Pandanwangi, akan menjadi unggulan kota sejuk di kaki pegunungan ini.[]

KEYWORD :

Cianjur lampu gentur beras pandanwangi ayam pelung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :