Senin, 29/04/2024 21:08 WIB

Hadapi Kritik, Gubernur Tokyo Mengundurkan Diri

Tuduhan lain kemudian muncul dalam kasus penggunaan anggaran dalam perjalanan dinas

Gubernur Tokyo, Yoichi Masuzoe telah menyatakan mengundurkan diri jabatannya di tengah skandal penggunaan anggaran untuk kepentingan pribadi, seperti diberitakan oleh media Jepang. Dia menghadapi kritik atas dugaan kasus penggunaan anggaran untuk membiayai liburan, pembelian karya seni dan buku-buku komik untuk anak-anaknya.

Skandal, yang terancam dapat mempermalukan kota yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 ini, terjadi jelang pemilihan majelis tinggi. Tetapi, Masuzoe telah diperkirakan kehilangan dukungan. Kasus ini dianggap berpotensi membahayakan peluang Perdana Menteri Shinzo Abe dari Partai Demokratik Liberal LDP pada pemilihan 10 Juli mendatang.

Masuzoe, yang menang dalam pemilihan karena mengkampanyekan pemerintahan yang bebas skandal, telah membantah melanggar hukum, tetapi mengakui adanya peyimpangan etika dalam pemborosan anggaran. Pada April, terungkap bahwa Masuzoe menggunakan mobil dinasnya ke sebuah pondok akhir pekan yang terletak di bagian selatan Tokyo.

Tuduhan lain kemudian muncul dalam kasus penggunaan anggaran dalam perjalanan dinas, akomodasi di spa mahal, pesiar keluarga yang mewah dan pakaian mahal. Awalnya, dia juga mengatakan pemesanan dilakukan oleh asistennya dan akutannya yang mungkin melakukan kekeliruan dalam memesan pengeluaran pribadi sebagai bagian yang terkait dengan pekerjaannya. (Sundari/bbc)

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :