Minggu, 28/04/2024 01:59 WIB

Patung Kaisar Roma Dikembalikan ke Italia

Potongan kepala dari patung marmer Kaisar Roma pertama,  akhirnya dikembalikan ke pemerintah Italia

Patung Kaisar Roma Dikembalikan ke Italia

Jakarta - Potongan kepala dari patung marmer Kaisar Roma pertama,  akhirnya dikembalikan ke pemerintah Italia pada Selasa (14/6), semenjak dicuri dan berpindah pemilik sampai ke luar negeri empat dekade lalu.

Kepala patung Augustus, salah satu pemimpin yang lahir 2.000 tahun lalu, adalah artefak terbaru milik Italia yang akhirnya diketahui keberadaannya. Saat ini, artefak berukuran 45 centimeter itu telah dipajang kembali di Museum Cinquantenaire di Brussels.

“Hari ini kita tidak hanya bertemu lagi dengan yang sempat hilang. Kita juga merayakan pentingnya menjaga kenangan dari artefak ini, untuk masa depan yang lebih baik,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Mario Giro, dalam upacara pengembalian artefak, seperti yang dikutip Reuters.

Artefak Augustus ditemukan setelah dipajang di sebuah lelang, kata Giro. Namun, ia tidak mengatakan lebih lanjut, siapa pemilik artefak itu sebelumnya. Saat ditemukan, artefak Augustus mengalami sedikit kerusakan. Ahli sejarah di Museum Nepi mengatakan, seharusnya artefak itu mengenakan topi berbentuk mirip toga. (sundari/cnn)

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :