Rabu, 22/05/2024 01:02 WIB

Bernardo Silva Kena Teguran FA

Bernardo Silva didakwa oleh Asosiasi Sepakbola setelah posting media sosial kontroversial mengenai rekan satu tim Manchester City Benjamin Mendy .

Gelandang Manchester City Bernardo Silva (Foto: Talk Sport/GettyImages)

Jakarta, Jurnas.com - Bernardo Silva didakwa oleh Asosiasi Sepakbola setelah posting media sosial kontroversial mengenai rekan satu tim Manchester City Benjamin Mendy .

Silva memposting tweet yang tampaknya membandingkan kemiripan Mendy dengan karakter kartun yang ditampilkan pada kemasan Conguitos, merek cokelat di Spanyol.

Pernyataan dari FA berbunyi Bernardo Silva telah didakwa melakukan pelanggaran karena melanggar Peraturan FA E3 sehubungan dengan posting media sosial pada 22 September 2019.

"Diduga bahwa aktivitas pemain Manchester City melanggar FA Rule E3 (1) karena menghina dan / atau tidak pantas dan / atau membuat game menjadi jelek," bunyi pernyataan FA, dilansir ESPN.

"Lebih lanjut dituduh bahwa kegiatan tersebut merupakan pelanggaran yang didefinisikan dalam Peraturan FA E3 (2), karena termasuk referensi, baik tersurat maupun tersirat, untuk ras dan atau warna dan atau asal etnis."

Sumber mengatakan kepada ESPN bahwa selain tweet, FA juga melihat video yang diposting Silva dari Mendy di Instagram pada tahun 2018.

Silva, 25, membela tindakannya dan mengatakan itu hanya bahan candaan kepada sahabatnya. "Bahkan tidak bisa bercanda dengan teman hari ini," katanya.

Tetapi badan anti-rasisme Kick It Out mengutuk tweet awal, mengatakan stereotip rasis tidak pernah dapat diterima.

Manajer Manchester City Pep Guardiola juga membela Silva, dengan mengatakan: "Jika sesuatu terjadi, itu akan menjadi kesalahan karena Bernardo adalah orang yang luar biasa."

"Bernardo adalah salah satu orang terindah yang pernah saya temui dalam hidup saya. Dia berbicara empat atau lima bahasa - itulah cara terbaik untuk memahami betapa dia berpikiran terbuka.

"Salah satu teman baiknya adalah Mendy. Dia seperti saudara laki-laki. Dia mengambil foto Benjamin ketika dia masih muda dan menghubungkannya dengan kartun ini, sangat mirip dengan gambarnya."

Seorang pemain dinyatakan bersalah atas diskriminasi ketika berada di lapangan bermain menghadapi larangan enam pertandingan otomatis. Kasus Silva berbeda karena diskriminasi di media sosial tidak memicu hukuman yang sama jika terbukti bersalah.

Komisi pengaturan independen akan mendengarkan kasus apa pun, dengan Silva berkewajiban untuk menanggapi tuntutan tersebut pada 9 Oktober.

KEYWORD :

Bernardo Silva Manchester United




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :