Rabu, 08/05/2024 11:23 WIB

Herman Herry jadi Pimpinan Komisi III DPR Ganti Trimedya

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) melakukan rotasi di pimpinan Komisi III DPR. Semula Wakil Ketua Komisi III DPR diduduki oleh Trimedya Panjaitan digantikan oleh Herman Herry.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo lantik Herman Herry sebagai pimpinan Komisi III DPR

Jakarta, Jurnas.com - Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) melakukan rotasi di pimpinan Komisi III DPR. Semula Wakil Ketua Komisi III DPR diduduki oleh Trimedya Panjaitan digantikan oleh Herman Herry.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang secara langsung melakukan pelantikan Herman Herry menggantikan Trimedya sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR. Rotasi tersebut dilakukan berdasarkan surat dari Fraksi PDIP kepada pimpinan DPR.

"Terjadi perubahan pimpinan Komisi III dari Fraksi PDIP. Semula dari Trimedya Panjaitan digantikan oleh Herman Herry," kata Bamsoet, saat pelantikan Herman Herry sebagai pimpinan Komisi III DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (15/7).

Sebelum penyerahan palu pimpinan, Wakil Ketua Komisi III DPR Desmon J Mahesa meminta agar Herman menyampaikan sepatah dua patah atas jabatan baru tersebut.

"Izin pimpinan, sebaiknya pimpinan yang baru menyampaikan sepatah dua patah kepada komisi III," kata Desmon.

Lantas, Herman Herry menyampaikan ucapan syukur dan Terimakasih atas kepercayaan partai dan seluruh anggota Komisi III DPR atas jabatan baru tersebut. Menurutnya,

"Pada kesempatan ini atas kepercayaan pimpinan PDIP dan atas semua dukungan semua teman-teman sehingga saya diizinkan untuk menjadi pimpinan menggantikan saudara saya Trimedya Panjaitan. Merupakan satu hal yang patut dibanggakan dan disyukuri," kata Herman.

Adapun rotasi tersebut, lanjut Herman, sebagai penyegaran dan hal yang biasa di fraksi PDIP. Dimana, Trimedya ditugaskan sebagai pimpinan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

"Antara saya dengan saudara Trimedya bagian pertukaran dari tour of duty partai kami. Pak Trimedya mendapatkan penugasan di tempat baru sebagai pimpinan MKD," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Herman berharap agar anggota Komisi III DPR tetap menjaga kekompakan dalam menjalankan fungsi dan tugas sebagai wakil rakyat dengan menuntaskan sisa tugas-tugas pada periode ini.

"Disisa waktu yang ada tentu saya berharap dan bermohon kepada semua teman-teman untuk tetap menjaga kekompakan dalam menjalankan fungsi dan tugas kita kepada rakyat yang sudah memilih kita, dengan menyelesaikan tugas-tugas kita di masa periode sekarang ini," katanya.

"Kedua tentunya saya garis bawahi apa yang disampaikan oleh rapat tadi bahwa prinsip pimpinan Komisi III bersifat kolektif kolegial, artinya di dalam menjalankan fungsi kita sebagai pimpinan tentu kebersamaan dan kesepakatan yang di kedepankan," tutur Herman.

Dengan demikian, pimpinan Komisi III DPR diisi oleh; Aziz Syamsuddin sebagai Ketua, Herman Herry sebagai Wakil Ketua, Desmon J Mahesa sebagai Wakil Ketua, Erma Suryani Ranik sebagai Wakil Ketua, dan Mulfachri Harahap sebagai Wakil Ketua.

KEYWORD :

Pimpinan Komisi III Herman Herry Trimedya Panjaitan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :