Minggu, 28/04/2024 05:07 WIB

Letusan Gunung Anak Krakatau Buat Rute Pesawat Dialihkan

Pesawat terbang dialihkan pada Kamis (27/12) di sekitar gunung Anak Krakatau yang meletus setelah gunung berapi yang memicu tsunami mematikan terus memuntahkan abu ke udara.

Erupsi Gunung Anak Krakatau (Foto: ANTARA/Nurul Hidayat)

Jakarta - Pesawat terbang dialihkan pada Kamis (27/12) di sekitar gunung Anak Krakatau yang meletus setelah gunung berapi yang memicu tsunami mematikan terus memuntahkan abu ke udara.

Dengan adanya peristiwa tersebut, maskapai penerbangan untuk sementara dilarang melewati wilayah sekitaran gunung anak Krakatau hingga dilaporkan aman terkendali untuk menghindari kecelakaan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) meningkatkan tingkat peringatan untuk Anak Krakatau hingga 3, peringkat tertinggi kedua ketika kontrol lalu lintas udara yang menghasruskan pengalihan rute pesawat.

Juru bicara Palang Merah Indonesia mengatakan ribuan orang telah dipindahkan dari pulau-pulau di Selat Sunda antara Jawa dan Sumatra karena ancaman tsunami lainnya. Tsunami Sabtu yang merobek Selat Sunda dan menewaskan lebih dari 430 orang.

Banyak korban tsunami mengatakan mereka terlalu takut untuk pulang setelah gelombang setinggi 10 kaki menyapu banyak orang ke laut. Hampir 160 orang masih hilang.

"Petir di sekitar gunung berapi semakin memburuk," kata seorang wanita yang selamat. "Di sini dingin dan berangin, tapi kami tidak ingin pulang. Kami takut laut."

"Indonesia telah mengeluarkan keadaan darurat hingga 4 Januari," kata Sutopo Purwo Nugroho, perwakilan dari badan mitigasi bencana nasional.

Sutopo mengatakan deklarasi tersebut akan membuatnya lebih mudah untuk menyebarkan pasokan darurat ke tempat penampungan dan daerah lain yang dibutuhkan.

Sebuah letusan di Anak Krakatu membuat penduduk panik dan menyebabkan beberapa orang melarikan diri dari desa-desa di garis pantai dekat gunung. Hujan lebat sejak itu menggempur wilayah itu untuk mempersulit upaya pencarian dan mencegah bantuan mencapai desa-desa terpencil dan tempat-tempat penampungan evakuasi.

Rabu menandai peringatan ke 14 gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia yang menewaskan lebih dari 220.000 di 14 negara, termasuk Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand.

Indonesia adalah bagian dari koleksi lebih dari 17.000 pulau yang berada di tanah yang secara geologis aktif disebut oleh para ilmuwan sebagai "Cincin Api," dan sering dilanda gempa bumi dan tsunami.

KEYWORD :

Anak Krakatau Gunung Merapi Pesawat Terbang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :