Minggu, 28/04/2024 03:28 WIB

Menpora Optimistis Pelaksanaan PON 2020 Sesuai Jadwal

Selain mempersiapkan infrastruktur venue dan SDM, juga perlu koordinasi pusat, daerah, kabupaten hingga sponsor dan industri.

Menpora Imam Nachrowi meninjau persiapan PON ke-20 Tahun 2020 di Timika, Papua.

Timika, Jurnas.com - Menpora Imam Nachrowi optimistis PON ke-20 Tahun 2020 terlaksana sesuai jadwal PB PON. Beberapa venue telah selesai dan siap digunakan.

“Saya melihat di Timika ini yakin dan optimistis PON 2020 dapat dilaksanakan sesuai jadwal PB PON, pemprov hingga pemkab di Papua terlebih beberapa venue seperti atletik dan basket sudah sangat siap,” ujarnya saat meninjau venue-venue PON di Mimika Sport Complex (MSC), Timika, Papua, Selasa (23/7) petang.

Kota Timika, Papua akan menyelenggarakan sembilan cabang olahraga saat perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 tahun 2020 mendatang. Menpora Imam Nahrawi yang mengunjungi langsung beberapa venue di Timika merasa puas dan optimistis.

Menurut Menpora, selain mempersiapkan infrastruktur venue dan SDM, juga perlu koordinasi pusat, daerah, kabupaten hingga sponsor dan industri.

Menurut Menpora, hal yang tak kalah penting diperhatikan adalah perawatan venue pasca-pelaksanaan PON. Ia mengimbau pemprov terkait dapat memberikan perhatian lebih untuk perawatan venue pasca PON.

"Pemprov, pemkab juga harus mempersiapkan bagaimana merawat venue-venue pasca-PON dengan baik dengan menyiapkan pihak-pihak ketiga dengan Badan Layanan Umum (BLU) daerah agar follow up lebih fleksibel agar bisa dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat," tambahnya.

Di kota Timika sendiri akan menggelar sembilan cabor yang bakal dipertandingkan yaitu atletik, futsal, basket, golf, biliar, judo, tenis meja, sepak bola putra dan panjat tebing. Menpora juga memberikan perhatiannya kepada beberapa kabupaten lain yang menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX Papua setidaknya hingga bulan Juni 2020.

“Kami juga memberikan perhatian di kabupaten lain dengan mendukung agar ada percepatan karena pembangunan infrastruktur juga menggunakan dana APBD maka harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik selebihnya APBN dari Kementerian PUPR," ujarnya.

Turut mendampingi Menpora dalam kunjungan kerjanya di Timika, Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti, Asdep Peningkatan Kreatifitas Pemuda Djunaedi, Staf Khusus Olahraga Tommy Kurniawan, Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang dan Ketua Konida Cessar Alvianto Tunya.

KEYWORD :

Kemenpora PON 2020




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :