Kamis, 02/05/2024 06:11 WIB

Mengenal Pola Hidup Lama dan sehat "Blue Zone"

Tahukah Anda, jika negara di dunia ini terdapat 5 zona biru yang penduduknya awet sehat dan hidup lebih lama.

Tahukan Anda, jika negara di dunia ini terdapat 5 zona biru yang penduduknya sehat dan hidup lebih lama (Foto: Ilustrasi)

Jakarta -  Blue Zones atau zona biru ialah proyek Quest Nwtwork Inc yang memelajari wilayah-wilayah di dunia dimana penduduknya memiliki hidup lebih lama dan sehat.

Ilmuwan mengklasifikasikan tempat-tempat yang dikenal dengan istilah Lima Zona Biru berdasarkan kemampuan penduduk hidup lebih lama daripada penduduk lain di dunia. Lima Zona Biru ini adalah;

1. Sardinia, Italia: Ditemukan di desa pegunungan di mana manusia mencapai usia 100 tahun
2. Okinawa, Jepang
3. Loma Linda, Kalifornia
4. Semenanjung Nicoya, Kosta Rika
5. Ikaria, Yunani

Penduduk yang tinggal di Zona Biru memiliki gaya hidup yang mirip yakni keluarga lebih diutamakan dari yang lain, dilarang merokok, dan makan sayur-mayur. Penduduk dari berbagai usia aktif dalam proses sosialisasi dan terintegrasi dalam komunitas mereka.

Di Indonesia, menurut Social Entrepreneur Helga Angelina paling dekat dengan Okinawa, Jepang. "Sejak dulu saya belajar pola makan (diet) dan hidup sehat yang berkiblat dari Okinawa," ujar founder Burgreens ini.

Pola makan yang dimaksud ialah 95-99 persen makanan mendapat kalori baik dari protein nabati yang terdiri dari ubi, beras coklat atau merah.

"Kalau di sana banyak makan tofu atau tahu kalau di kita bisa diganti dengan kedelai, tempe dan tahu. Sementara sumber protein terbaik terdapat dari kacang-kacangan," ucap peraih penghargaan Women of The Year oleh Her World (2017) ini.

Metode masaknya juga tidak digoreng, kebanyakan makanan dikukus, direbus atau dibuat sup. Di luar diet mereka punya komunitas sering kumpul dengan passion yang sama sehingga termotivasi.

KEYWORD :

Blue Zone Okinawa Diet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :