Rabu, 08/05/2024 17:00 WIB

Strategi Kemnaker Bantu Pekerja Korban PHK

Menaker menambahkan, ada dua kebijakan pemerintah yang rencananya akan dibuat demi membantu para pekerja yang telah menjadi korban PHK

Menaker

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menilai perkembangan digitalisasi dalam dunia perindustrian akan mengancam terjadinya PHK besar-besar yang dilakukan pihak perusahaan.

Untuk itu menurut Hanif, perlu adanya strategi khusus untuk membantu para pekerja yang terancam PHK. Salah satunya dengan melakukan reskillinging, sehingga para pekerja tersebut bisa mencari profesi lain.

"Tantangan digitalisasi yang mungkin saja melahirkan sejumlah PHK. Pemerintah akan memastikan mereka-mereka yang terancam PHK bisa mendapatkan reskillinging untuk alih profesi," ujar Hanif.

Menaker menambahkan, ada dua kebijakan pemerintah yang rencananya akan dibuat demi membantu para pekerja yang telah menjadi korban PHK.

"Satu penguatan mutu dan akses pendidikan dan pelatihan vokasi. Yang kedua kita siapkan bantalan sosial baik berupa dana pelatihan vokasi dan bantalan sosial untuk korban PHK lainnya," tutur politisi PKB.

Terkait pendanaan program tersebut, menaker menyatakan masih akan membahas pebih lanjut dengan Kementerian Keuangan untuk membentuk pola-pola terbaik demi kesejahteraan para pekerja.

"Kami sedang merumuskan dengan kementerian keuangan terkait perumusan perencanaan mengenai designnya seperti apakah menggunakan pola social insurance sebagaimana yang diterapkan di negara-negara Eropa atau di negara skandinapia ataukah kita menerapkan konsep sendiri, saya kira itu masih jadi perumusan selanjutnya," tandasnya.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker PHK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :