Kamis, 02/05/2024 10:39 WIB

5 Kota di Indonesia Ini Jadi Wisata Kuliner Unggulan

Kemenpar tengah gencar mem-branding kuliner Indonesia baik di dalam maupun luar negeri, seperti apa bentuknya?

Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar, Vita Datau Messakh

Jakarta - Bukti keseriusan Kementerian Pariwisata dalam mem-branding kuliner Indonesia, salah satunya dengan membentuk tim percepatan, yang bertugas menaikkan wisata kuliner jadi top 3 di dunia. Indonesia kaya akan makanan yang menasional bahkan sampai ke luar negeri seperti soto, rendang, sate, nasi goreng, dan gado-gado.

Menurut Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar, Vita Datau Messakh, makanan nasional harus didorong ke luar Indonesia.

"Saat ini Indonesia melalui Kemenpar telah mem-branding Bali (khususnya Ubud), Jogja, Solo, Semarang dan Bandung sebagai destinasi wisata kuliner ke dunia internasional.

Tak hanya di dalam negeri, usaha co branding dengan resto diaspora di seluruh Indonesia juga sudah mulai dilakukan. "Saat ini 10 sudah MoU oleh Kemenpar, akan jadi outlet dan branding," ungkap Vita saat ditemui usai membuka Festival Jajanan Bango di Park and Ride Thamrin, Jakarta, Sabtu (14/4).

Pihaknya saat ini juga merangkul para pelaku usaha kuliner yang menjajakan masakannya di luar negeri. Selain untuk mendorong industri kuliner, hal ini juga dilakukan sebagai upaya perlindungan dan pengakuan bagi para pelaku kuliner yang telah memperkenalkan masakan nusantara ke dunia internasional.

"Jadi itu adalah bagian dari apresiasi kami, teman yang sudah berjuang perkenalkan makanan nusantara ke luar, saatnya kami rangkul dan kami akui," kata Vita.

Saat ini, terdapat sedikitnya ada 10 usaha kuliner di beberapa negara dirangkul Kemenpar. "Mulai Perancis, Amerika Serikat, ada juga di Belanda, dan Australia. Bahkan dari 10 resto itu sudah ada yang dapat predikat Michellin bintang dua," terangnya.

Sementara untuk kuliner lokal di Indonesia, Vita berharap event kuliner Festival Jajanan Bango 2018 bisa masuk dalam Calendar of Event Kemenpar.

KEYWORD :

Kuliner Indonesia wisata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :