Senin, 20/05/2024 15:51 WIB

Infrastruktur Cukup Memadai, Desa Diminta Fokus ke Pertumbuhan Ekonomi

Perlu ditingkatkan kembali penggunaan dana desa untuk pembangunan dalam bidang infrastruktur.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengakui bahwa sejumlah infrastruktur di desa-desa masih minim. Sehingga, perlu ditingkatkan kembali penggunaan dana desa untuk pembangunan dalam bidang infrastruktur.

"Tahun ini, Dana desa masih difokuskan penggunaannya untuk bidang infrastruktur karena masih banyak desa yang infrastrukturnya masih kurang," katanya.

Dengan lebih difokuskan pada infrastruktur, Mendes PDTT meminta agar dalam pelaksanaannya dilakukan swakelola atau padat karya dan juga diberikan upah kepada para pekerja yang berasal dari masyarakat desa tersebut.

"Wajib dilaksanakan swakelola tanpa menggunakan kontraktor dan wajib diberikan upah 30 persen dari proyek dana desa tersebut. Sehingga, masyarakat juga memiliki pendapatan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi didesa karena bahan baku yang digunakan dalam proyek infrastruktur berasal dari desa tersebut kecuali bahan bakunya tidak ada di desa itu sendiri," katanya.

Lebih lanjut Eko mengingatkan kepada seluruh kepala desa juga untuk memfokuskan kepada pertumbuhan ekonomi desa. Terutama kepada desa yang sudah memiliki infrastruktur yang sudah cukup memadai.

"Banyak desa yang infrastrukturnya sudah cukup. Jadi kalau masih membangun infrastruktur lagi, dampaknya ke pertumbuhan ekonominya jadi kurang. Makanya, desa-desa yang sudah cukup infrastrukturnya kita tekankan agar penggunaan dana desanya untuk fokus ke pemberdayaan dan pertumbuhan ekonominya," katanya.

KEYWORD :

Info Kemendes Dana Desa Eko Putro Sandjojo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :