Sabtu, 27/04/2024 22:04 WIB

Ketua MPR Dukung Anggaran TVRI Ditingkatkan

TVRI perlu didukung dengan anggaran atau budget yang cukup, serta peralatan terkini yang menjangkau luas pemirsanya ke seluruh Indonesia untuk mengemas acara lebih bermutu.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima kunjungan direksi TVRI, Rabu (4/4)

Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan menerima Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) Helmy Yahya bersama dua direksi yang mewakili, di ruang kerjanya, Rabu (4/4).

Dalam kesempatan ini, Zulkifli mengatakan bahwa sebagai televisi publik, TVRI adalah penjaga negara kesatuan Republik Indonesia dan penjaga budaya Indonesia.

"Kita harus mendukung TVRI sebagai penjaga dan pengawal nilai-nilai budaya kebanggaan bangsa Indonesia, lewat acara-acaranya yang menampilkan budaya, seni dan hiburan yang bermutu diantara kebebasan berekspresi televisi-televisi swasta lain," kata Zulkifli.

Ia juga mengatakan, beberapa tahun belakangan TVRI membuat acara sarat seni dan budaya seperti Srimulat atau Ria Jenaka, TVRI juga mengangkat seni budaya Melayu bahkan ada kerjasama siaran seperti acara Titian Muhibah dengan beberapa negara Jiran.

Kini, menurut Zulkifli, seiring perjalanan waktu, TVRI perlu didukung dengan anggaran atau budget yang cukup, serta peralatan terkini yang menjangkau luas pemirsanya ke seluruh Indonesia untuk mengemas acara lebih bermutu.

Dirut TVRI Helmi Yahya masa jabatan 2017 – 2022 mengatakan, TVRI harus berbenah. Ia telah menyiapkan sejumlah agenda untuk satu-satunya televisi publik Indonesia ini yang bertujuan mengemas TVRI menjadi lebih segar dan kekinian.

Helmy bersama tim direksi Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) akan membenahi televisi publik ini baik dari segi peralatan, sumber daya manusia, konten dan kemasannya.

"Sekarang peralatan kamera dan studio dimiliki TVRI sudah cukup tua, dari tahun 2002. Kami berniat mengganti dengan yang baru," jelasnya.

Tujuannya  dengan peralatan yang bagus maka konten yang disiarkan ke masyarakat juga kualitasnya menjadi bagus.

Selama ini anggaran TVRI hanya Rp830 miliar dengan jumlah karyawan sebanyak 4.500 orang, memiliki 29 stasiun dan memiliki 350 pemancar di seluruh Indonesia.

"Kami minta dukungan Bapak sebagai Ketua MPR untuk mendukung anggaran TVRI ditingkatkan, sehingga kami bisa menghasilkan acara-acara berkualitas bagi pemirsa," kata Helmy.

Menurut Helmi, dulu di TVRI ada kuis sosialisasi empat pilar, maka sekarang berkaitan dengan Tahun Politik, TVRI diharapkan bisa memberi siaran menyejukkan, no hoax, no fake news dan diberi amanah untuk menjadi televisi netral.

Zulkifli menyatakan, akan membantu mendukung TVRI agar pemerintah memuluskan anggaran, membina manajemen dan melakukan revisi pada UU Penyiaran.

Ia mengatakan, sangat mendukung TVRI sebagai televisi publik yang harus menjangkau seluruh rakyat Indonesia. Dan untuk melaksanakan kewajiban itu, diperlukan dana memadai agar TVRI memiliki peralatan memadai untuk menyiarkan acara-acara berkualitas.

KEYWORD :

Warta MPR Zulkifli Hasan TVRI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :