Selasa, 30/04/2024 14:51 WIB

Mentan akan Kembangkan Kopi seperti Jagung

Pola ini diyakini bisa membangkitkan gairah para petani untuk membudidayakan kopi

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman saat menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Dewan Kopi Indonesia, Minggu (11/3).

Serpong - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, pengembangan Kopi Nusantara akan dibuat seperti program jagung yang saat ini sudah berhasil, bahkan sudah ekspor.

"Caranya semua pelaku usaha membagi habis pengembangan kopi ini berdasarkan wilayah kerja masing masing. Pelaku usaha bermitra dan membina petani kopi. Eksporter untuk membawahi penangkar bibit. Para petani berproduksi kopi dari hulu sampai hilir," jelasnya.

"Pola ini diyakini bisa membangkitkan gairah para petani untuk membudidayakan kopi," sambung Amran, saat menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Dewan Kopi Indonesia (11/3).

Kementerian Pertanian (Kementan) sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp2,2 triliun untuk mengembalikan kejayaan rempah termasuk di dalamnya adalah pengembangan kopi.

Amran berharap Kepengurusan Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) periode 2018-2022 dengan ketua Anton Apriantono, ada pergerakan yang progresif untuk mengembangkan Kopi Nusantara.

Selain itu, pria kelahiran Sulawesi Selatan itu berharap, kerjasama dengan DEKOPI akan menjadi langkah yang lebih mudah untuk mencapai tujuan bersama.

"Yaitu menempatkan kopi Indonesia menjadi komoditas nomor 1 di dunia," tegas Amran.

Untuk diketahui, pengukuhan pengurus DEKOPI periode 2018 -2022 ini dilakukan oleh Menteri Amran.  Sebelum pengukuhan juga dibacakan ikrar dewan kopi yang diikuti oleh seluruh pengurus Dewan Kopi Indonesia.

"Tentu ini hari yang bersejarah di Indonesia. Pengukuhan pengurus ini sendiri langsung ditetapkan menjadi Hari Kopi Nasional," ujar Amran.

KEYWORD :

Kementan Amran Sulaiman Kopi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :