Senin, 29/04/2024 23:28 WIB

MPR Dorong Pengusaha hingga Eksportir Rebut Kembali Kejayaan Kopi Indonesia

Kopi Indonesia, kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, sudah menjadi komoditas unggul Indonesia yang menarik pedagang pedagang Eropa datang ke Indonesia

Ketua Majelis Permusyawartan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan dinobatkan sebagai Bapak Pencinta Kopi Indonesia, Minggu (11/3).

Tangerang Selatan - Ketuan Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mendorong petani, pengambil kebijakan, pengusaha hingga eksportir untuk kembalikan masa kejayaan kopi Indonesia.

"Kopi adalah keunggulan komparatif bangsa ini yang tak dimiliki negara lain. Ketika negara lain proteksi dan prioritaskan produk dalam negerinya, Indonesia harusnya juga berani. Itu cara kembalikan kejayaan kopi Indonesia di pasar dunia," tegas pria yang sisapa Zulhasan ini.

Pria berdarah Lampung itu menceritakan bahwa kopi sudah jadi bagian dari hidupnya. Sejak kecil ia sudah dekat dengan petani dan pedagang kopi di daerah asalnya Kalianda Lampung Selatan.

"Dulu di kampung saya kopi jadi alat tukar dengan komoditas lain. Jadi sejak kelas 1 sekolah dasar (SD) sambil keliling dagangan emak ya saya sudah interaksi itu sama petani dan pedagang kopi," kisah Zulkifli Hasan.

Kopi Indonesia, kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, sudah menjadi komoditas unggul Indonesia yang menarik pedagang pedagang Eropa datang ke Indonesia

"Orang Eropa rela datang jauh jauh demi komoditas unggulan kita cengkeh, lada, pala, rempah rempah dan juga kopi. Artinya ini pengakuan kopi Indonesia itu salah satu yang terbaik," kata Zulkifli Hasan dalam sambutannya di acara Pelantikan Dewan Kopi Indonesia di Intermark BSD, Minggu (11/3).

Zulhasan juga mengucapkan selamat untuk kepengurusan Dewan Kopi Indonesia yang baru dilantik dengan ketua mantan menteri pertanian Anton Apriyantono

"Semakin banyak yang terlibat semakin baik supaya gotong royong majukan industri kopi nasional. Selamat untuk pengurus Dewan Kopi," tutupnya

Hadir dalam acara tersebut Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dan Ketua Dewan Kopi Indonesia yang juga mantan Menteri Pertanian Anton Apriyanton.

KEYWORD :

Warta MPR Kopi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :