Senin, 29/04/2024 21:16 WIB

Ini Alasan Mentan Kembangkan Belgian Blue

Belgian Blue merupakan langkah kegiatan strategis Pemerintah untuk keluar dari ketergantungan terhadap impor.

Bogor - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman akan mengembangkan sapi ras baru, yaitu Belgian Blue (BB). Ia menargetkan tahun 2019 akan lahir sebanyak 1.000 ekor.

Upaya ini dilakukan  untuk meningkatkan produksi daging sapi di Indonesia melalui peningkatan mutu genetik ternak. Sejak 2017 program diuji coba pada 2017 dan dan akan difokuskan 2018.

Direktorat Jenderal Peternakan dan kesehatan Hewan (Dirjen PKH) di Kementerian Pertanian juga telah menyusun Road Map (pemetaan,Red) untuk pengembangannya.  

"Belgian Blue merupakan  "breed" baru yang masuk ke Indonesia, dan juga merupakan salah satu sapi terbaik di Eropa yang berasal dari Belgia," kata Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak (Ditjen PKH), Sugiono saat melakukan peninjauan di Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Bogor, (10/3).

Ia megatakan Belgian Blue memiliki persentase karkas lebih tinggi 70 hingg 80 persen dibandingkan sapi lainnya. Sehingga, jika pengembangan sapi BB dilakukan melalui semen beku atau embrio BB, maka akan jauh lebih murah dibandingkan memasukan sapi hidup dari negara asalnya.

Lebih lanjut Ia sampaikan, pengembangan sapi Belgian Blue dilakukan melalui teknologi Inseminasi Buatan (IB) dan Embrio Transfer (ET) yang diawali dengan uji coba Impor pada 2015-2016 sebanyak 22 embrio dan semen beku 200 dosis di BET Cipelang Bogor secara tertutup.

"Hingga Maret 2018 kita telah berhasil melaksanakan kegiatan Transfer Embrio (TE) sebanyak 372 embrio dan dilahirkan 20 ekor sapi Belgian Blue melalui IB dari persilangan (simental, Limousin, dan FH) dan hasil Embrio Transfer 3 ekor," ungkap Sugiono.

Ia menyebutkan, saat ini sapi yang dalam kondisi bunting hasil TE sebanyak 10 ekor dan IB 36 ekor. Selain itu di Balitnak Ciawi juga terdapat 4 ekor sapi bunting hasil TE.

"Sapi keturunan Belgian Blue yang merupakan hasil persilangan dengan bangsa lain dapat lahir dengan normal tanpa kesulitan melahirkan," ujarnya.  

BET Cipelang pada 2017 juga melakukan Pelatihan TE kepada petugas sebanyak 30 orang di 10 Unit Pelaksan Tekni (UPT) terkait, pengadaan embrio sapi Belgian Blue 900 dosis dan pada tahun 2018 pengadaan semen beku Belgian Blue, embrio 900 dosis dan pelatihan Caesar.

Sugiono menegaskan, BB merupakan langkah kegiatan strategis Pemerintah untuk keluar dari ketergantungan terhadap impor, sehingga dengan adanya sapi pejantan unggul, maka akan dapat memenuhi kebutuhan donor di Balai Inseminasi Buatan Nasional atau Daerah.

KEYWORD :

Kementan Belgian Blue Sugiono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :