Sabtu, 04/05/2024 23:40 WIB

Duh Badeshi, Malang Nian Nasibmu Kini

Hanya sisa tiga orang yang bisa menuturkan bahasa asli Pakistan Utara tersebut. Ketiganya pun lelaki renta.

Tiga laki-laki pengguna Bahasa Badeshi (foto: BBC)

Jakarta - Nasih Bahasa Badeshi kian terancam. Di dunia, hanya sisa tiga orang yang bisa menuturkan bahasa asli Pakistan Utara tersebut. Ketiganya pun lelaki renta.

Kondisi ini terungkap lewat video pendek BBC, Senin (26/2). Badeshi merupakan bahasa asli masyarakat Pakistan Utara, yang tinggal di sebuah desa pinggiran di atas gunung kecil.

Satu-satunya alasan yang menjadi penyebab nyaris punahnya Bahasa Badeshi, karena anak-anak muda di desa tersebut tak tertarik mempelajari, alih-alih menuturkan bahasa itu.

Seluruh generasi muda lebih memilih menggunakan bahasa dominan, ketimbang Badeshi, yang kemungkinan besar dianggap jadul.

"Sebenarnya masih ada sembilan sampai sepuluh keluarga yang menggunakan Bahasa Badeshi. Akan tetapi mereka dibawa oleh sekelompok perempuan dari daerah lain, yang pada akhirnya membuat bahasa kami punah," terang penutur Bahasa Badeshi.

Ketiga laki-laki renta itu pun sedih, bahasa nenek moyang mereka akan segera punah, seiring dengan kematian ketiganya suatu hari nanti.

KEYWORD :

Unik Badeshi Pakistan Bahasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :