Selasa, 14/05/2024 00:13 WIB

Setelah Habibie, Reza Rahardian Tertantang Perankan Benyamin Sueb

Aktor Reza Rahardian (Jurnas.com-Munadi)

Jakarta - Setelah sukses memerankan BJ Habibie, aktor Reza Rahardian kembali dipercaya Hanung Bramantyo untuk memerankan alamarhum Benyamin Sueb dalam film terbaru garapannya.

"Saat Reza memerankan Cokroaminoto, dia tokoh politik. Nah Reza skrg peranin tokoh terkenal, artis. Ekspetasi yang paling absurd dan abstrak, ga bisa tau tolak ukurnya. Saya merelakan dan melepaskan diri. Saya sajikan pertama kali Reza yah Bang Ben hidup lagi,” ujar suami Zaskia Mecca.

Menurut Hanung, film bang Ben (sapaan Benyamin Sueb, Red) sudah direncanakan sejak tahun lalu. Namun baru bisa digarap tahun ini setelah bertemu dengan keluarga Benyamin.

”Untuk film Benyanyin memang sudah direncanakan tahun lalu saat buat Warkop DKI Reborn. Tapi saya juga sebelum syuting sudah bertemu dengan keluarga almarhum bang Ben,” kata Hanung Bramantyo ditemui di kantor Falcon Pictures, Jalan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu (4/11).

“Sedikit ada kesulitan ketika saya harus membuat film seorang tokoh legendaris, bagaimana merealisasikan dan mewujudkan ekspektasi penonton yang sudah punya fanbase. Bang Ben fanbasenya militan dan gila. Benyamin Sueb sudah menjadi icon suku Betawi. Pertama kali yang akan menonton dan `mengadili` yah mereka. Itu yang susah. Sementara abang Ben cuman satu, Benyamin Sueb," imbuh Hanung.

Senada dengan Hanung, Reza mengatakan dirinya tak perlu bertemu dengan keluarga bang Ben. Pasalnya, ia menyerahkan semua kepada sutradara yang tau karakter seorang Reza.

“Kalau saya gimana sutradara aja, jadi saya nggak perlu harus bertemu dengan keluarga almarhum Bang Ben. Karena peran sebagai Bang Ben saya  banyak tantangannya. Saya belum pernah main di range seperti ini," kata Reza.

"Karena Mas Hanung yang tau pola karakter saya. Saya bilang, karakter Benyamin belum pernah saya coba. Banyak hal yang saya eksplor, bukan nonton filmnya aja. Saya temukan bang Benyamin punya polanya sendri dalam bermain. Ada gimik yang iconic banget. Dari ketawa, nyengir, benutk bibir. Sehingga saya ambil. Pasti ada interpretasa yang dimunculkan sesuai ceritanya. Biang kerok bukan mengcopy dari film sebelumnya,” ucap Reza Rahardian.

"Kalau yakin atau tidak yakin film ini bisa seperti film Warkop DKI, itu tergantung penonton yang menilainya. Diragukan, saya selalu diragukan dalam memerankan tokoh. Keputusan ada di penonton, saya berusaha semaksimal mungkin,” imbuh Reza.

Reza juga mengungkapkan sebelum syuting, ia menghabiskan waktunya untuk membaca dan menonton karakter Benyamni.

"Saya cari refrensi film benyamin sueb. Pendalaman karakter yah riding sebulan. Terus kemudian diskusi sama mas Hanung gimana karakternya. Mas Hanung ada gambaran tersendiri. Saya memenuhi ekspektasi sesuai ams hanung. Ada 4 sampai 5 film Benyamin," ujarnya.

KEYWORD :

Reza Rahardian Kabar Artis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :