Rabu, 01/05/2024 23:39 WIB

Menaker Ajak Masyarakat Cintai Batik Indonesia

agar batik bisa lestari dan industrinya bisa bersaing secara global, maka pengrajin Batik harus kreatif dan inovatif.

Menaker M Hanif Dakhiri

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri mengajak masyarakat terus melestarikan batik sebagai upaya menjaga budaya khas Nusantara. Menurut Hanif, melestarikan batik tidak hanya untuk menjaga warisan budaya, namun juga menyelamatkan ribuan tenaga kerja.

“Melestarikan batik bukan hanya menyelamatkan warisan leluhur Indonesia, namun juga menyelamatkan industri batik yang mampu menyerap ribuan tenaga kerja,” ungkap Hanif Dhakiri.

"Dari hulu sampai ke hilir,  pengusahanya, UMKM, pengrajinnya, sampai karyawan dan penjualnya. Itu menyerap tenaga kerja yang jumlahnya sangat besar," kata Menaker

Menurut Menaker, agar batik bisa lestari dan industrinya bisa bersaing secara global, maka pengrajin Batik harus kreatif dan inovatif.

"Kuncinya kreatifitas. Pengrajin batik harus terus inovatif menciptakan motif yang unik, yang susah ditiru. Pelaku industri batik juga harus mengedukasi masyarakat terkait jenis-jenis batik dimana ada yang dibuat dengan tangan (batik tulis), dengan cap (batik cap) atau campuran tangan dan cap (batik kombinasi) sehingga masyarakat semakin tertarik," ujarnya.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :