Senin, 29/04/2024 10:35 WIB

Delegasi DPR Kunjungi Turki, Perkuat Kerjasama Energi Panas Bumi

Delegasi DPR RI melakukan kunjungan ke Turki pada 8-15 Oktober 2017. Kunjungan tersebut menguatkan kerjasama Indonesia-Turki terutama dalam pengembangan energi terbarukan khususnya energi panas bumi untuk program kelistrikan.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Hermanto

Jakarta - Delegasi DPR RI melakukan kunjungan ke Turki pada 8-15 Oktober 2017. Kunjungan tersebut menguatkan kerjasama Indonesia-Turki terutama dalam pengembangan energi terbarukan khususnya energi panas bumi untuk program kelistrikan.

Kunjungan tersebut dipimpin Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto yang didampingi enam anggota DPR antara lain Anita Jacoba Gah, Siti Mufattahah, Syofwatillah Mohzaib, Willem Wandik, Muhammad Syafrudin, dan Ida Fauziyah.

Kata Agus, delegasi DPR akan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Kizildere (Kizildere Geothermal Power Plant) di Denizli dan Kantor Pusat Hitay Energy di Istanbul, Turki.

"Saat ini, pembangkit listrik terapung Turki juga telah beroperasi dan mengaliri listrik di Indonesia bagian Timur," kata Agus, melalui rilisnya, Jakarta, Senin (9/10).

Selain mengunjungi kedua tempat tersebut, lanjut Agus, delegasi DPR juga akan melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Parlemen Turki Mr. Ahmet Aydin. "Delegasi DPR juga akan melakukan pertemuan dengan Duta Besar Indonesia di Turki," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Turki sudah mengembangkan tenaga panas bumi sejak tahun 1970-an. Dan pada tahun 1980-an, pembangkit listrik pertama telah tumbuh. Kini, Turki berada di peringkat ketujuh negara terkaya di dunia dalam potensi panas bumi.

Saat ini, dua pembangkit listrik beroperasi di Turki. Potensi geothermal teoritisnya adalah 60GW dan potensial adalah 4.5GW. Pembangkit listrik panas bumi pertama di Turki adalah pembangkit listrik tenaga panas bumi Kizildere.

Hitay Energy adalah perusahaan energi Turki, yang berinvestasi di Indonesia senilai Rp 3 triliun, yang mengembangkan energi panas bumi (geothermal) di Sumatera Barat. Hitay mengerjakan potensi energi sebesar 150 mega watt (MW) di Gunung Talamau (Kabupaten Pasaman Barat) dan Gunung Tandikek (Kabupaten Agam/Padang Pariaman).

KEYWORD :

Warta DPR Wakil Ketua DPR Agus Hermanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :