Minggu, 28/04/2024 22:21 WIB

Pemerintah Inggris Larang Penjualan Gading Gajah

Kelompok-kelompok konservasi pun melayangkan protes kepada Inggris, lantaran dampak penjualan tersebut mengakibatkan perburuan gajah di Afrika semakin meningkat.

Gading gajah (foto: BBC)

London – Pemerintah Inggris berencana melarang segala bentuk penjualan gading gajah, baik ekspor maupun impor. Rencana ini pun disambut baik oleh kelompok konservasi, yang memang sudah lama menyuarakan penentangan atas perburuan gading gajah.

Sekretaris Bidang Michael Gove mengatakan pelarangan ini meliputi gading gajah segala usia, kecuali yang diambil sebelum 1947. Namun, pengambilan dan penjualan gading gajah untuk pembuatan instrumen musik atau benda-benda yang erat kaitannya dengan budaya akan dikecualikan.

Selama beberapa tahun terakhir, Inggris menjadi eksportir gading gajah dan barang antik terkemuka di dunia. Menurut laporan Environmental Investigation Agency, ada lebih dar 36.000 barang yang diekspor dari Inggris antara 2010 hingga 2015. Tiga kali lipat lebih besar dari Amerika Serikat.

Kelompok-kelompok konservasi pun melayangkan protes kepada Inggris, lantaran dampak penjualan tersebut mengakibatkan perburuan gajah di Afrika semakin meningkat.

Sebelumnya, pada 2016 Inggris pernah menerapkan pembatasan penjualan gading gajah, dan sama seperti kebijakan terbaru, melarang peredaran gading gajah di atas 1947. Namun tidak pernah tindak lanjut atas kebijakan tersebut.

“Penurun populasi gajah yang didorong oleh perburuan gading membuat generasi kita marah,” kata Gove kepada BBC.

“Rencana ini akan menempatkan Inggris berada paling depan dalam mengakhiri perdagangan gading,” lanjutnya.

KEYWORD :

Gaya Hidup Gading Gajah Lingkungan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :